May Day, Buruh Konvoi dan Aksi Damai, Polisi Turun 264 Personil

507
Pesona Indonesia
Pasukan gabungan Polres Karimun yang diturunkan untuk mengawal demo buruh beberapa wkatu lalu. foto:sandi/batampos
Pasukan gabungan Polres Karimun yang diturunkan untuk mengawal demo buruh beberapa wkatu lalu. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Polres Karimun telah mempersiapkan personil yang akan diturunkan untuk melakukan pengamanan pada saat peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia pada Ahad (1/5). Sebanyak 264 personil akan diturunkan, sehingga pelaksanaan Hari Buruh ini berjalan dengan lancar.

”Beberapa hari lalu kita sudah melakukan pertemuan dengan serikat buruh yang ada di Kabupaten Karimun. Yakni, Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPSI) dan Federasi serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) beserta unit serikat pekerja yang ada di beberapa perusahaan. Dalam pertemuan tersebut, initinya seluruh pihak sepakat hanya akan mengadakan aksi damai dan sekaligus konvoi,” ujar Wakapolres Karimun, Kompol Harry Andreas, Jumat (29/4).

Dalam hal ini, lanjut Wakapolres, tidak semua serikat pekerja yang akan mengadakan aksi damai. Seperti FSPSI akan mengadakan dialog tentang buruh pada Senin (2/5), kemudian juga ada unit serikat pekerja yang akan mengadakan bakti sosial. Sedangkan, dari FSPMI menyatakan tetap akan mengadakan aksi unjuk rasa dalam memperingati hari buruh untuk menyampaikan aspirasi buruh tetap didukung.

”Hanya saja, kita mengingatkan agar aksi yang akan dilaksanakan tersebut tidak sampai mengganggu kepentingan umum. Karena, antara masyarakat umum dengan buruh memiliki hak yang sama. Untuk itu, kita sangat mengharapkan kerja sama dari seluruh pihak yang mengikuti acara ini untuk tetap menjaga situasi tetap kondusif. Mengingat, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat memberikan dampak pada perekonomian daerah kita. Apalagi, Karimun termasuk dalam daerah poros maritim di Kepri,” paparnya.

Dikatakan Wakapolres, personil yang akan turun melaksanakan tugas pengamanan sebanyak 264 orang tidak hanya berasal dari Polres Karimu,. Melainkan, dibantu dari masing-masing Polsek, termasuk juga melibatkan 41 orang personil dari Satuab Brimob yang berasal dari Kompi 4 Dea A Kabupaten Karimun. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar