Pak Gubernur! Warga Pekajang Tunggu Kehadiran Telepon Satelit

406
Pesona Indonesia
Pulau Pekajang, Lingga, sudah memiliki tower untuk komunikasi tapi belum difungsikan. foto:hasbi/batampos
Pulau Pekajang, Lingga, sudah memiliki tower untuk komunikasi tapi belum difungsikan. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Warga Pulau Pekajang, Kabupaten Lingga hingga kini masih menantikan kehadrian telepon satelit. Dikarenakan fasilitas itu dirasa mereka bakal sangat membantu untuk berkomunikasi dengan sanak-famili antarpulau. “Di sana, tidak ada jaringan telepon sama sekali. Kasihan warga yang punya keluarga di luar pulau,” ungka Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Asep Nurdin, kemarin.

Karena itu, menurut anggota legislatif daerah pemilihan Bintan-Lingga ini, sudah semestinya Pemerintah Provinsi Kepri lekas mengambil inisiatif untuk memikirkan solusi dari keluhan masyarakat yang sudah bertahun-tahun belum kunjung terselesaikan.

Di Pekajang, sebenarnya sudah berdiri satu tower milik sebuah perusahaan telekomunikasi. Meski begitu belum dapat difungsikan lantaran ketiadaan jaringan di sana. Namun, perusahaan tidak bersedia memasang jaringan untuk mengoperasikan tower tersebut dikarenakan penggunaan jaringan telekomunikasi di sana belum banyak. Sehingga bila hitung-hitungannya biaya pemasangan jaringan lebih besar dibandingkan pengguna jaringan.

Karena itulah rencana pemasangan empat unit telepon satelit sangat diharapkan bisa lekas terlaksana. Keempat telepon satelit tersebut rencananya akan ditempatkan di beberapa fasilitas umum. Seperti Puskesmas, balai desa, sekolah. “Agar mudah untuk dijangkau masyarakat,” kata Asep.

Lantas bagaimana tanggapan Wakil Gubernur Nurdin Basirun yang sudah berkunjung ke Pekajang? Mantan Bupati Karimun ini berjanji, Pemprov Kepri akan mengupayakan pemenuhan kebutuhan telekomunikasi untuk Desa Pekajang. Menginggat pentingnya telekomunikasi untuk pulau-pulau.

“Kami akan fokuskan untuk mengupayakan kelancaran sarana telekomunikasi. Dan itu juga yang di utamakan sebagai salah satu tujuan pemerintah untuk menyelesaikan konektivitas antardaerah,” kata Nurdin. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar