Puan Bantah Kunjungan ke Mentawai Bukan Politik

496
Pesona Indonesia
Menteri PMK Puan Maharani dikerubuni masyarakat saat meninjau huntap di Mentawai
Menteri PMK Puan Maharani dikerubuni masyarakat saat meninjau huntap di Mentawai. Foto: Padeks/JPG

batampos.co.id – Ketua DPP-PDI-Perjuangan bidang politik dan antar lembaga Puan Maharani dalam kunjungannya ke Mentawai, tepatnya di desa Bulasat, Kamis, (28/4), kemarin, menampik isu bahwa, kunjungannya tersebut, dalam rangka memberikan restu kepada salah seorang kader PDI-Perjuangan di kepulauan Mentawai, yakni, Yudas Sabaggalet untuk kembali mencalonkan diri pada pilkada serentak 2017 mendatang.

Puan menegaskan, kunjugannya ke daerah satu-satunya yang memenangkan pasangan presiden Jokowi dan Yusuf Kalla dalam pemilihan presiden pada 2014 lalu di sumatera barat tersebut, murni menjemput aspirasi masyarakat di kepulauan Mentawai.

“Enggaklah, ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan politik atau pun memberikan restu kepada kader partai. Ini murni menjemput aspirasi masyarakat di kepulauan Mentawai, ” kata Puan yang juga didampingi oleh anggota DPR RI Alek Indra Lukman, dan sejumlah kader PDI-Perjuangan lainnya, yang anggota DPRD Kepulauan Mentawai, seperti, Ibrani Sababalat dari Dapil III, Nelsen Sakarebau dapil IV, dan Edi Kuswoko Paulus dari Dapil I.

Menurut Puan, tujuan utama kedatangannya ke kepulauan Mentawai yakni, bagaimana masyarakat Mentawai segera mendapatkan pemulihan ekonomi, terutama korban tsunami 2010 silam.

Terpisah, Bupati kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet yang juga kader PDI-Perjuangan, mengaku, masih ingin fokus menyelesaikan tugasnya sebagai kepala daerah kepulauan Mentawai. Namun, kata Yudas, dirinya tidak menampik apabila partai memintanya untuk kembali mencalonkan diri.

“Yang jelas, saat ini saya fokus dulu menyelesaikan tugas sebagai kepala daerah. Soal mencalonkan kembali, saya serahkan kepada partai,” ungkapnya.

Meski, Yudas Sabaggalet akan mengakiri masa jabatannya pada Desember 2016 mendatang. Namun, hingga sekarang belum ada kepastian terkait pencalonan dirinya kemabali pada Pilkada serentak 2017 mendatang bersama dengan kota Payakumbuh.

Namun, beredar isu, bahwa seluruh kader partai PDI-Perjuangan di kepulauan Mentawai diwajibkan untuk hadir pada agenda kunjunga ketua DPP-PDI-Perjuangan tersebut.

Itu terbukti, dengan hadirnya seluruh kader partai PDI-P kepulauan Mentawai yang saat ini duduk di kursi DPRD kepulauan Mentawai dan ketua DPC PDI-Perjuangan Jan Winnen Sipayung.

Sayangnya, Jan Winnen Sipayung dan kader PDI-Perjuangan lainnya yang ada di kepulauan Mentawai enggan berkomentar mengenai hal tersebut. Termasuk ketua DPRD Kepulauan Mentawai Yosep Sarogdok yang dihubungi Padang Ekspres melalui telepon genggamnya, kemarin, (29/4), sore, tidak dalam kondisi aktif.

Walaupun begitu, diduga kuat, Yudas Sabaggalet, akan berpasangan dengan kader PDI-Perjuangan untuk akhir masa jabatannya nantik, tahun 2022. Jika terpilih kembali untuk periode 2017 mendatang.

Pengamatan Padang Ekspres, di desa Bulasat, kecamatan Pagai Selatan, Kamis, (28/4), saat kunjungan Puan Maharani bersama rombongan, selain, ada pemasangan bendera marawa di tepi jalan, juga beberapa bendera PDI-Perjuangan.(JPG)

Respon Anda?

komentar