Guru Minta Tunjangan Cair Tiap Bulan

684
Pesona Indonesia
Seorang guru sedang mengajar murid SD. foto:dok
Seorang guru sedang mengajar murid SD. foto:dok

batampos.co.id – Keluhan terhadap pencairan tunjangan profesi guru (TPG) tidak pernah ada habisnya. Selain ancaman TPG tidak cair karena anggarannya kurang, keluhan juga muncul karena pencairannya tidak rutin setiap bulan.

Seperti diketahui selama ini pencairan TPG menggunakan mekanisme rapelan. Pencairan tunjangan berbasis profesionalisme guru itu dirapel setiap tiga bulan. Pembayaran TPG untuk Januari-Maret dibayar April. Begitu seterusnya sehingga dalam setahun ada empat periode pencairan.

Plt Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku pemegang otoritas pencairan TPG harusnya bisa meniru pencairan tunjangan profesi dosen.

’’Tunjangan profesi dosen bisa cair rutin setiap bulan, kenapa untuk guru tidak bisa,’’ jelasnya di Jakarta kemarin.

Menurutnya pemanfaatan TPG yang cair setiap bulan, bisa menimbulkan dampak positif dibandingkan jika dirapel. Diantaranya TPG itu bisa digunakan untuk pembayaran peningkatan profesionalitas guru yang bersifat bulanan. Seperti mengikuti kursus atau lain sebagainya.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan pencairan TPG yang dirapel setiap tiga bulan, bukan aturan mati. ’’Bisa saja dicairkan bulanan seperti dosen,’’ katanya.

Namun pejabat yang akrab disapa Pranata itu mengatakan perlu ada regulasi khusus untuk mengaturnya. Dia mengatakan pembahasan pencairan TPG setiap bulan, murni untuk kepentingan guru. Tidak terkait dengan tuntutan instansi manapun.

Saat ini Kemendikbud mulai mencairkan TPG untuk periode Januari-Maret. Catatan dari Kemendikbud sudah ada 1 juta lebih surat keputusan pencairan tunjangan (SKPT) yang telah diterbitkan. Surat itu menjadi landasan untuk pencairan tunjangan untuk para guru.

Bagi guru PNS besaran TPG setara dengan gaji bulanan. Sedangkan untuk guru non PNS besaran TPG Rp 1,5 juta perbulan. Khusus untuk guru non PNS yang sudah penyetaraan, besaran TPG sama dengan guru PNS juga. (wan/bp)

Respon Anda?

komentar