BPJS Siapkan Surat Teguran Faskes Bandel

925
Pesona Indonesia
Pelayanan di konter pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Foto: istimewa
Pelayanan di konter pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Foto: istimewa

batampos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak segan-segan memberikan surat teguran pada fasilitas kesehatan yang membandel. Yakni, mereka yang terus menyalahi aturan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kalau feedback lisan sudah kami berikan dan masih seperti itu, kami akan berikan surat teguran,” kata Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer (Kanit MPKP) BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam, Asha Febriyanti.

Sejauh ini, namun demikian, BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam belum pernah mengeluarkan surat teguran untuk faskes di tingkat pratama (FKTP). Asha mengatakan, teguran yang disampaikan masih berupa teguran lisan.

Mereka mengkaji berdasarkan laporan-laporan pengaduan masyarakat. Laporan yang masuk ke mereka, biasanya berupa lisan. “Tapi kalau sudah ada pengaduan tertulis, kami akan langsung mendatangi klinik itu,” tutur Asha lagi.

Teguran itu akan langsung diberikan ke manajemen klinik atau ke dokter praktek keluarga. Jika, masalah muncul di puskesmas, BPJS Kesehatan akan melayangkan teguran ke Dinas Kesehatan.

BPJS Kesehatan akan melihat titik mula permasalahannya. Biasanya, masalah-masalah yang muncul di tingkat pratama tidak jauh-jauh dari 155 diagnosa penyakit. Dan hal ini, menurut Asha, hanya soal persepsi masing-masing pihak.

“BPJS sudah membayar hak mereka, kapitasi. Tapi giliran pelayanan kok dirujuk, ya itu akan kami berikan surat teguran,” ujarnya. (ceu/bp)

Respon Anda?

komentar