Ketua Umum KONI Kota Batam terpilih Iskandar Alamsyah (tengah) berfoto denga panitia musyawarah olahraga Kota luar biasa diGedung Kanpora Batam, Minggu (1/5/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Ketua Umum KONI Kota Batam terpilih Iskandar Alamsyah (tengah) berfoto denga panitia musyawarah olahraga Kota luar biasa diGedung Kanpora Batam, Minggu (1/5/2016). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Musyawarah Olahraga Kota Luar Biasa (Muskotlub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batam yang digelar di Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Batam, Minggu (1/5/2016) siang menetapkan Iskandar Alamsyah menjadi ketua umum KONI Batam periode 2016/2020.

Muskotlub itu diadakan lantaran HM Rudi SE ketua KONI sebelumnya mengundurkan diri April lalu karena menjabat sebagai Wali Kota Batam, sementara menjadi pengganti sementara yakni Herry Supryadi.

Sebelum ditetapkan menjadi ketua umum secara aklamasi, Iskandar, menjadi calon tunggal dengan jumlah dukungan 23 cabang olahraga (cabor) dari 25 cabor yang memberikan dukungan, diantaranya cabor catur, tinju, panjat tebing, judo, sepeda, bridge, pencaksilat, bowling, biliar, dayung, tarung drajat, anggar, bulutangkis, sepakbola, marching band, karate, atletik, kempo, voli, golf, basket, layar dan renang.

Sementara kandidat lain, Hartoyo Sirkoen yang juga ketua Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (Pelti) kota Batam hanya didukung 2 cabor yakni cabor sepaktakraw dan tenis lapangan.

“Syarat minimal dari bakal calon menjadi calon harus didukung 10 cabor. Hanya Iskandar Alamsyah yang memenuhi syarat sebagai calon,” kata Stering Commite, Ruslan Ali Hasyim. Iskandar selanjutnya ditetapkan sebagai ketua umum KONI secara aklamasi.

Ketua terpilih, Iskandar Alamsyah mengatakan dengan modal pengalaman di olahraga akan siap menahkodai KONI Batam ke depan.

“Saya sudah biasa di olahraga. Dengan pengalaman sebelumnya di KONI Provinsi (Kepri), Inshaa Allah saya bisa bawa (KONI) Batam lebih baik,” tutur pria yang baru mengundurkan diri dari jabatan Seketaris Umum KONI Kepri ini.

Ke depan, langkah awal yang dilakukan Iskandar pemantapan persiapan para atlit dari Batam yang akan melenggang ke PON 2016 pada September mendatang di Jawa Barat.

“Pelatda (Pelatihan Daerah) berjalan sedang berlangsung walau belum ada dana dari pemerintah, setelahnya akan ada pelatda penuh, disini lah atlit-atlit itu disiapkan menuju PON,” katanya.

Menurutnya, di Kepri sebanyak 24 cabor lolos PON dengan jumlah atlit 88 orang, dari jumlah tersebut lebih dari 50 persen adalah atlit Batam. “Banyak dari Batam, ada 64 orang,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad yang hadir membuka secara resmi acara tersebut berharap ketua terpilih dapat membuat olahraga di Batam semakin maju.

“Kita Batam saat ini bukan hanya sekedar olahraga, tapi olahraga prestasi, itu sudah terbukti. Jadi kita berharap insan olahraga bisa berkontribusi,” pungkas Amsakar. (cr13/bp)

Respon Anda?

komentar