Kesempatan untuk Pelajar Berprestasi, Beasiswa dari ATB Batam

3285
Pesona Indonesia

atbbatambeasiswa
PT Adhya Tirta Batam (ATB) menyiapkan dana total hingga Rp200 juta untuk pelajar Batam.

Dana sebanyak itu untuk program beasiswa Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan rincian,

  • 24 paket beasiswa untuk  SMA/SMK
  • 10 paket untuk perguruan tinggi program Diploma III dan Strata Satu (S1).

“Setiap penerima beasiswa ATB untuk tingkat SMA/SMK akan mendapat dana tunai sebesar Rp2,5 juta/siswa/semester. Sementara penerima beasiswa ATB untuk tingkat perguruan tinggi akan mendapatkan dana Rp4 juta/mahasiswa/semester. Beasiswa ATB diberikan per semester,” ungkap Corporate Communication Manager ATB Enriqo Moreno, Jumat (29/4).

“Ini merupakan beasiswa berprestasi bagi siswa kurang mampu, oleh karena itu pelamar beasiswa otomatis harus mendapatkan nilai yang baik dan bersedia melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat. Pelamar beasiswa untuk tingkat SMA/SMK harus juara umum kelas X atau kelas XI dari sekolah yang memiliki akreditasi minimal B, sementara untuk pelamar beasiswa dari tingkat perguruan tinggi harus memiliki IPK minimal 3,75 dari perguruan tinggi yang juga terakreditasi minumal B. Selain itu, mahasiswa tersebut sudah berkuliah minimal di semester tiga,” ungkap Enriqo.

Ia menambahkan, pendaftaran untuk beasiswa ATB Peduli Pendidikan 2016 dibuka selama dua bulan, mulai 2 Mei 2016 hingga 1 Juli 2016.

Siswa dan mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa dapat mengunduh formulir di website resmi ATB www.atbbatam.com. Sekaligus mengecek secara detail syarat dan ketentuan untuk beasiswa tersebut.

“Ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa ATB, mulai dari melampirkan surat keterangan dari sekolah maupun perguruan tinggi, melampirkan fotokopi identitas diri, hingga melampirkan data diri. Untuk lebih lengkapnya pelamar beasiswa dapat melihat secara langsung di website resmi ATB,” tegasnya.

Beasiswa ATB Peduli Pendidikan sudah mulai dijalankan perusahaan air minum tercanggih di Indonesia itu sejak 2011 lalu. Program tersebut merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), sekaligus sebagai komitmen kepedulian ATB untuk ikut serta memajukan pendidikan, khususnya pendidikan di Pulau Batam.

“Namun prosedur beasiswa 2016 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun-tahun lalu kami melakukan MoU dengan SMAN/SMKN dan perguruan tinggi di Kota Batam setiap dua tahun. Sehingga, mahasiswa berprestasi dari sekolah dan perguruan tinggi tersebut secara otomatis akan mendapatkan beasiswa. Sistemnya berdasarkan pengajuan dari sekolah dan perguruan tinggi,” tegasnya.

Tahun ini, Enriqo menjelaskan, perusahaan air minum dengan kebocoran air terendah di Indonesia tersebut membuka pendaftaran beasiswa secara terbuka. Siswa dan mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan, dapat mengajukan beasiswa secara mandiri ke ATB tanpa perantara pihak sekolah maupun perguruan tinggi.

“Ada masukan dari beberapa pihak agar ATB membuka beasiswa secara terbuka, sehingga bisa menjangkau lebih banyak sekolah dan perguruan tinggi. Tahun-tahun sebelumnya ATB hanya melakukan perjanjian kerjasama dengan sekolah menengah negeri dan dua universitas di Kota Batam. Mudah-mudahan dengan perubahan sistem ini akan lebih banyak siswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang berkesempatan mendapat beasiswa ATB,” harapnya.(*)

Respon Anda?

komentar