Waspada, Hujan Lebat dan Puting Beliung Mengancam Riau

498
Pesona Indonesia
ilustrasi. Foto: AFP
ilustrasi. Foto: AFP
batampos.co.id — Hujan deras dan angin kencang puting beliung telah memporak porandakan sejumlah wilayah di Riau. Kendati sudah ada kerusakan sarana dan prasarana, namun belum ada korban jiwa.
Sementara itu, pihak berwenang yakni Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengingatkan masyarakat disejumlah wilayah di pulau Sumatera agar mewaspadai hujan disertai petir dan angin kencang. Angin dan hujan akan turun pada sore atau malam hingga dinihari.
Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, menyebutkan bahwa kendati relatif banyak kerusakan sarana dan prasarana, namun belum ada korban jiwa akibat peristiwa alam tersebut.
Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin melalui BMKG memprediksi, bahwa hujan diperkirakan turun disebahagian besar wilayah Sumatera, khusus di wilayah Riau. Di Riau hujan akan turun di bagian barat, tengah dan selatan.
Selain itu, terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung. Kemudian, kelembaban udara pada hampir seluruh wilayah Indonesia pun terbilang tinggi. ‘’Kondisi tersebut akan mendukung proses pertumbuhan awan hujan disejumlah wilayah tersebut,” ujar Sugarin, kepada wartawan pekan lalu.
Dikatakannya, akibat hujan deras diseratai angin kencang, banyak pohon yang tumbang sehingga menutup akses jalan dan terputusnya jaringan listrik karena beberapa tiang listrik juga tumbang. Selain itu sejumlah bangunan juga rusak, seperti plapon paling atas lantai sembilan kantor gubernur Riau jatuh saat hujan turun disertai angin kencang.
‘’Akses jalan di perkotaan dan jalan penghubung antara kabupaten/kota di Riau juga turut terendam sehingga dikhawatirkan terjadinya longsor,’’ tambahnya.(JPG)

Respon Anda?

komentar