Beli Hape Lewat Online, Pas Ketemu Dibawa Kabur

582
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Waspadahal saat menjual barang-barang lewat online. Selain penipuan, waspadai maling berkedok pembeli.

Seperti yang dialami warga Batam Centre, ponsel yang ia tawarkan melalui facebooknya di bawa kabur calon pembelinya yang ternyata maling berpura-pura pembeli.

Pelaku berinisial MN, 18, itu diringkus unit buser Polsek Batamkota, Senin (2/5/2016) bersama rekannya.

Modus yang dilakukan MN tergolong unik dan baru. Pelaku menelepon korban menanyakan barang yang akan dijualnya. Pelaku lalu mengajak korban bertemu di Alun-ALun Engku Putri dengan alasan ingin melihat kondisi barang karena berencana mau membelinya.

“Ngajaknya sering di Alun-ALun,” ujar MN, saat memberi keterangan kepada koran Batam Pos (grup batampos.co.id).

Untuk meyakinkan korban, berjanji akan langsung membeli ponsel itu jika kondisi ponsel sesuai dengan yang ditawarkan. Di lokasi yang sudah disepakati, Mn berdalih mau mengecek lagi. Tanpa menaruh rasa curiga, korban memberikan ponsel miliknya tersebut.

“Kalau udah di tangan, saya bawa kabur ponsel itu,” lanjut pria berbadan gelap itu.

Mn melakukan pencurian ini juga dibantu dua orang temannya. Biasanya temannya tersebut memantau tak jauh dari lokasi. Saat ia kabur dari kejaran korban, dua orang temannya tersebut dengan tangap menjemput pelaku. “Ada teman yang bantu,” ucap Mn.

Namun apes saat mengambil ponsel milik korban lainnya, ia malah ditangkap polisi. Ia terpaksa dilumpuhkan dengan timas panas, lantaran mencoba melarikan diri dari kejaran polisi. “Yang ditangkap waktu itu cuma saya, teman-teman pada kabur,” kata Mn.

Hasil pencurian ponsel-ponsel ini, lanjutnya, akan dijual lagi dengan harga yang jauh lebih murah. Uangnya akan dibagi rata pelaku. Ia mengaku uang dari hasil penjualan ponsel curian tersebut digunakan untuk biaya keperluan sehari-hari.

“Kita gak ada kerja. Buat makan lh bg,” ucapnya. (rng)

Respon Anda?

komentar