Demi Bersekolah, Para Siswa Ini Harus Menyeberang Lautan

643
Pesona Indonesia
(foto: pojokpitu)
(foto: pojokpitu)

batampos.co.id – Berbagai cara dilakukan para pelajar di wilayah Indonesia yang terpencil demi dapat mengecap pendidikan yang lebih baik. Seperti yang terjadi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Para pelajar dari Pulau Poteran, Kecamatan Talango, Sumenep rela melawan maut demi berangkat ke sekolah.

Setiap hari mereka menaiki perahu kayu ukuran sedang dari pulaunya menuju ke Pelabuhan Kalianget Sumenep untuk bersekolah di kota. Di atas perahu kecil itu mereka harus duduk merapat dan rapi, karena tidak ada pengaman khusus layaknya kapal penyeberangan.

Mereka terpaksa sekolah ke wilayah daratan karena di Pulau Talango, tidak ada sekolah negeri. Hanya sekolah swasta. Karena itu mereka harus ke Kecamatan Kalianget dan Kota Sumenep, dengan cara menyeberang terlebih dahulu demi mendapatkan pendidikan sekolah negeri.

Jarak tempuh dari pelabuhan Pulau Talango ke Pelabuhan Kalianget kurang lebih 10 menit. Baik menggunakan perahu kecil mau pun perahu tongkang yang melayani penyeberangan. Untuk jaraknya cukup dekat.

Erik, salah seorang siswa mengaku, setiap hari harus mengeluarkan ongkos Rp 10 ribu pulang-pergi sekaligus dengan ongkos motor yang dibawanya.

“Berangkat dari rumah sejak pagi menaiki perahu kecil ini,” kata Erik seperti yang dilansir dari Pojokpitu.com. Erik memilih menaiki perahu kecil karena lebih cepat berangkat ketimbang menaiki perahu tongkang demi mengejar waktu jam masuk sekolah.

“Perahu tongkang yang melayani penyeberangan di pelabuhan, berangkatnya lama masih harus antre, menunggu penumpang penuh,” kata Erik. (jpnn)

Respon Anda?

komentar