Dinsosnaker Natuna Berikan Pelatihan untuk Tukang Jahit

494
Pesona Indonesia
Ilustrasi peningkatan pelatihan menjahit. Foto: istimewa
Ilustrasi peningkatan pelatihan menjahit. Foto: istimewa

batamposco.id – Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Natuna kembali membuka pelatihan bidang menjahit. Saat ini sudah 10 peserta pelatihan mendapat kesempatan. Mereka perwakilan 10 kecamatan.

Kasi Pelatihan Tenaga Kerja Dinsosnaker Natuna Habibunnajar mengatakan, pelatihan menyasar warga yang sudah menekuni usaha menjahit. Sehingga dapat membantu mengembangkan usaha menjahit.

“Tentu setelah dua minggu diberikan pelatihan, mereka akan dibantu peralatan menjahit yang lebih modern. Supaya usahanya lebih cepat berkembang,” kata Habib ditemui di kantor Bupati Natuna, Senin (2/5).

Dikatakan Hahib, pelatihan menjahit tahun ini, dilatih untuk menjahit pakaian kebaya dan pakaian dasar. Menurutnya dapat membantu menambah pengetahuan dan keahlian, apalagi pelatihan sudah menggunakan mesin yang lebih modern.

Diakuinya, pelatihan hanya bisa menerima 10 peserta. Karena menyesuaikan jumlah peralatan menjahit di balai latihan kerja disnaker. Jadi masih ada 2 peserta dari perwakilan Kecamatan Bunguran Tengah dan Bunguran Selatan belum bisa dilatih.

“Peserta pelatihan balai kerja ini, tidak sepenuhnya kami lepas. Tetapi terus kami evaluasi. Supaya usahanya terus berjalan. Sekarang ada peserta pelatihan sebelumnya, sudah dibantu tapi tidak menekuni, malah usaha tidak lagi beroperasi. Ya kami pending dulu perwakilan kecamatannya,” ujar Habib.

Habib mengatakan, saat ini tidak hanya memberikan pelatihan menjahit. Balai latihan kerja juga sudah melaksanakan pelatihan pemasangan instalasi listrik penerangan kepada delapan orang peserta dari empat kecamatan di Bunguran.

“Pelatihan pemasangan instalasi listrik juga penting, jadi kami lakukan pelatihan. Keahlian itu sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Habib.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar