Evakuasi Pembunuh Dosen Universitas Muhammadiyah Sumut Ricuh, Polisi Lepaskan Tembakan

745
Pesona Indonesia
Ribuan mahasiswa mengadang polisi yang mengevakuasi pembunuh dosen UMSU. Akibatnya, terjadi bentrok mahasiswa dengan polisi, Senin (2/5/2016). Foto: DANIL SIREGAR/SUMUT POS
Ribuan mahasiswa mengadang polisi yang mengevakuasi pembunuh dosen UMSU. Akibatnya, terjadi bentrok mahasiswa dengan polisi, Senin (2/5/2016). Foto: DANIL SIREGAR/SUMUT POS

batampos.co.id – Evakuasi Roy Mando Sah Siregar (23), pembunuh Dra Hj Nurain Lubis, dosen Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Senin (2/5/2016) berlangsung ricuh. Polisi kewalahan karena dihadang oleh ribuan mahasiswa yang hendak menghakimi Roy.

Kericuhan semakin parah ketika polisi berhasil mengamankan pelaku dari dalam toilet di toilet lantai I gedung Fakultas Ekonomi.

Ratusan Mahasiwa seketika mengejar untuk menghakimi pelaku yang tanpa mengenakan baju dan dipakaikan helm warna merah itu. Akibatnya, sejumlah fasilitas di kampus UMSU seperti pagar pembatas tanaman di halaman kampus, rusak.

Pukulan dan tendangan, coba didaratkan ratusan Mahasiswa itu pada pelaku, namun tampak yang terkena malah polisi. Oleh karena itu, polisi tampak marah dengan mencoba bersikap lebih tegas, namun malah menyulut kemarahan mahasiswa yang akhirnya sampai melemparkan batu dan kayu, sehingga Polisi menembakkan gas air mata.

Bahkan, dikabarkan jika 4 orang mahasiswa diamankan karena diduga sebagai provokator.

“Mahasiwa mencoba menghalangi kita karena mereka bermaksud menghakimi sendiri pelaku dan mereka beranggapan wilayah yang kita masukin, merupakan area kampus, ” ujar Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihannto.

Situasi, ternyata tidak berhenti hingga pukul 18.30 WIB. Ratusan Mahasiswa, berkumpul di halaman depan kampus mereka dan Polisi membuat barikade di luar, tepat depan gerbang kampus UMSU.

Oleh karena itu, Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihannto dan sejumlah Pejabat kampus UMSU, menemui ratusan Mahasiswa itu.

Namun imbauan oleh Kapolresta Medan itu, disambut teriakan dan ejekan dari para Mahasiswa itu. Situasi mulai kondusif, saat Pejabat Kampus UMSU memberi penjelasan dan penegasan akan janji Kapolresta Medan, untuk memulangkan rekan mahasiswa yang diamankan polisi. (ain/ris/sam/jpnn)

Baca Juga:
> Pembunuh Dosen Universitas Muhammadiyah Sumut Bonyok Dihajar Mahasiswa
> Nurain Lubis, Dosen Muhammadiyah Sumut Digorok Mahasiswanya Usai Berwudu

Respon Anda?

komentar