Ingin Cepat Fasih Berbahasa Asing? Berikut Tipsnya

1195
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Kemampuan berbahasa asing menjadi salah satu syarat yang penting agar bisa bersaing di era globalisasi sekarang ini. Semakin banyak seseorang menguasai bahasa, semakin besar peluangnya untuk dapat bergaul dengan kalangan yang lebih luas.

Tapi tahukah Anda? Belajar bahasa asing ternyata tidak sesusah yang dibayangkan kebanyakan orang, karena manusia dibekali Tuhan kemampuan untuk itu. Hanya perlu metode yang benar agar mampu menguasainya dengan baik.

Menurut Advent Tambun, pengajar dan praktisi bahasa Spanyol di Pusat Studi Bahasa Usakti, bahasa yang dipelajari harus langsung dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan sekadar hafal kosakata tapi di lakukan dalam interaksi harian.

Selain itu belajar bahasa asing akan lebih cepat jika mempelajarinya rileks dan santai. Karena jika mendapat tekanan, yang didapat bukan kemahiran tapi malah siswa cenderung akan melupakannya.

“Harus rileks dan santai. Lakukan dengan hati senang agar bahasa mudah masuk dan dikuasai,” sambungnya.

Dengan suasana yang rileks akan timbul kenyamanan mempelajarinya. Hafalan kosakata pun akan lebih mudah diingat.

“Kuasai kosakata yang paling sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kata-kata yang tidak penting atau jarang digunakan bisa dihafalkan belakangan,” tuturnya. Misalnya kata sapaan, nama anggota tubuh seperti mata, tangan, mulut dan lainnya. Juga soal penguasaan grammar, yang bisa dipelajari sambil berjalan.

“Yang utama bisa berkomunikasi dengan lancar terlebih dulu. Grammarnya menyusul,” jelasnya. Advent mengaku sering memberi saran itu pada para siswanya. Sehingga siswa lebih mudah belajar. (jpnn)

Respon Anda?

komentar