Kenalkan Perpustakaan, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Kunjungi Perpustakaan BP Batam

853
Pesona Indonesia

tkbatampos.co.id – Sebanyak 75 siswa-siswi Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 5, Perumahan Kurnia Djaja Alam, Batam Centre, dengan didampingi 6 guru pendamping melakukan kunjungan ke Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (3/5). Kunjungan mereka disambut Kepala Sub Bagian Perpustakaan BP Batam beserta staf dan pustakawan Perpustakaan BP Batam.

Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5, Siti Marfu’ah, S.Pd.AUD, yang turut serta mendampingi para siswa, menjelaskan, maksud kunjungan para siswanya ke Perpustakaan BP Batam adalah untuk memperkenalkan perpustakaan dan sebagai pembelajaran yang tepat untuk anak usia dini dengan melihat langsung pada obyek studi.

Yudi Hari Purdaya, Kepala Sub Bagian Perpustakaan BP Batam, dalam kesempatan itu mengatakan, Perpustakaan BP Batam sangat mengapresiasi kunjungan para guru dan siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5, karena hal ini merupakan upaya yang baik untuk memperkenalkan perpustakaan dan bagian dari menumbuhkembangkan minat baca sejak usia dini.

Menjelang pukul 09.00 WIB rombongan siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 tiba di halaman parkir Gedung B Pusat Teknologi dan Informasi BP Batam, dan disambut para pegawai Perpustakaan BP Batam. Para siswa itu dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama di lantai 1 (ruang multimedia dan audiovisual) dan kelompok kedua di lantai dua (ruang  pelayanan atau ruang baca). Hal ini dimaksudkan agar suasana lebih kondusif dan memudahkan penjelasan kepada siswa mengingat jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Pada saat di ruang multimedia, siswa-siswi diberikan materi tentang pengenalan ruang audiovisual dan multimedia beserta fungsinya, yang dipandu oleh Zulkifli dan Deny Maulana. Kedua pegawai perpustakaan itu menjelaskan secara runut kegunaan ruangan dan peralatan yang ada.

Kemudian di lantai dua, yaitu ruang pelayanan, siswa-siswi dijelaskan materi tentang perpustakaan dan koleksinya beserta fungsi ruang pelayanan yang dipandu langsung oleh Ka. Subbag. Perpustakaan dibantu Abdul Rozak dan Wawan Darwanto. Tak hanya itu, Yudi juga memperkenalkan keanekaragaman fauna atau dunia hewan kepada para siswa TK melalui sebuah buku ensiklopedia fauna yang menjadi koleksi perpustakaan BP Batam. Tampak antusias siswa-siswi TK Aisyiyah yang sesekali tertawa mendengarkan penjelasan Yudi yang diselingi humor.

Untuk membantu memperkenalkan siswa tentang buku dan perpustakaan, serta menumbuhkan minat baca, Perpustakaan BP Batam juga menayangkan film pendek animasi yang memenangkan piala Oscar tahun 2012 di kategori Best Animated Short Film dengan judul The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore, karya William Joyce and Brandon Oldenburg, berdurasi sekitar 15 menit, yang dipandu Deny Maulana. Film animasi ini mengisahkan buku sebagai jendela dunia dan sumber pengetahuan yang banyak tersimpan di perpustakaan.

Di akhir kunjungan, dilakukan penyerahan cindera mata dari Perpustakaan BP Batam kepada TK Aisyiyah berupa buku tentang Mengungkap Fakta Pembangunan Batam dan Buku Foto Jepret Batam Dari Laut untuk menjadi koleksi perpustakaan mini TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 dan berfoto bersama di halaman Gedung B Pusat Teknologi dan Informasi BP Batam.  (Yudi H. Purdaya)

Respon Anda?

komentar