Mulai 1 Juli Uang Komite Sekolah di Batam Dihapus

910
Pesona Indonesia
Wali Kota Batam, Rudi. Foto: cecep mulyana/batampos
Wali Kota Batam, Rudi. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Rudi menyampaikan angin segar bagi dunia pendidikan di Kota Batam. Orang nomor satu di Batam ini melarang sekolah menengah di Batam memungut uang komite mulai 1 Juli 2016.

“Dengan demikian, dapat membantu meringankan beban orangtua siswa,” ujar Rudi saat membuka upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di Lapangan Engku Putri, Senin (2/5/2016).

Sebenarnya, kata Rudi, untuk pendidikan dasar sembilan tahun seperti SD dan SMP tidak diperkenankan lagi untuk memungut uang komite.

Lagipula, saat ini keuangan daerah sudah cukup untuk memberi subsidi bagi sekolah menengah sehingga tidak perlu lagi uang komite. “Ini untuk bantu masyarakat,” terangnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga membuat sejumlah kebijakan baru untuk dunia pendidikan. Salah satu yang dikemukakan oleh Rudi dalam acara peringatan Hardiknas kemarin (2/5) adalah menambah armada bus sekolah untuk membantu siswa khususnya di wilayah Rempang-Galang.

Rudi juga membacakan pidato sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan.

Hal paling penting dalam pidato tersebut adalah komitmen pemerintah Indonesia untuk memastikan kebutuhan akan pendidikan bagi anak-anak Indonesia tercukupi.

“Agar bisa menjawab tantangan di zamannya masing-masing,” jelas Rudi.

Keterampilan yang dibutuhkan mencakup tiga hal, yakni kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

“Pembinaan karakter moral juga jadi prioritas,” tutup Rudi. (leo)

Respon Anda?

komentar