Penuhi Kebutuhan Transportasi, Kepri Butuh Sembilan Kapal

510
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Kepala Bidang Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Aziz Kasim Djou mengatakan untuk menuntaskan kebutuhan transportasi laut di Provinsi Kepri, Kepri masih membutuhkan sembilan kapal tambahan yang terdiri dari lima kapal perintis dan empat kapal roro.

“Jumlah tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan transportasi di Kepri. Kami berharap suara lantang kami, didengar oleh Bapak Presiden,” ujar Aziz Kasim Djou, Senin (2/5)

Permintaan dan harapan tersebut, sudah disampaikan lewat Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas). Menurut Aziz, apabila kebutuhan tersebut sudah terpenuhi, maka sistem konektiviti di Provinsi Kepri akan teratasi. Permintaan tersebut menjadi permohonan khusus Kepri kepada pemerintah pusat.

“Khusus dibidang sarana laut yang kami ajukan adalah permintaan kapal perintis dan roro,” ungkap Aziz.

Lebih lanjut katanya, pengajuan tersebut dilakukan karena kebutuhan pembangunan daerah. Disebutkannya, apabila Kepri sudah mendapat tambahan lima unit kapal perintis arus transportasi laut ke daerah-daerah Anambas dan Natuna akan akan lebih cepat.

“Ini adalah upaya yang kami lalukan untuk memangkas waktu berlayarnya kapal-kapal perintis. Yang biasanya butuh waktu dua minggu untuk sekali berlayar, bisa ditempuh dalam waktu satu minggu,” jelasnya.

Masih kata Aziz, Kepri saat ini baru memiliki Kapal perintis Sabuk Nusantara 30, Sabuk Nusantara 39, Gunung Bintan, dan Trigas yang beroperasi sampai ke Sintete, Kalimantan Barat.

Permintaan kapal roro adalah untuk membuka rute dari Tanjunguban ke Tambelan, Tanjungpinang ke Matak, dan Matak ke Penagi, serta dari Penagi dan Sintete. Selain itu juga untuk tujuan Dabo ke Penarik.

“Kami berharap, harapan-harapan besar ini sudah terwujud pada 2018 mendatang. Pada tahun 2016 ini, besar kemungkin kita sudah mendapatkan tambahan dua kapal sekelas Sabuk Nusantara,” tutup Aziz. (jpg)

Respon Anda?

komentar