Polisi Jaga Pelaksanaan Pilkades Serentak di Karimun

818
Pesona Indonesia
Kapolsek Meral, AKP Agung Gima Sunarya menggelar rapat persiapan pengamanan pelaksanaan  Pilkades di Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat. foto:sandi/batampos
Kapolsek Meral, AKP Agung Gima Sunarya menggelar rapat persiapan pengamanan pelaksanaan Pilkades di Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Tidak hanya pemilihan kepala daerah, seperti Pilgub dan Pilbup yang dikawal dan mendapatkan pengamanan dari polisi. Untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dilaksakan, Selasa (3/5), tetap menjadi prioritas dari polisi dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

”Sudah menjadi tugas dan fungsi kita sebagai aparat Polri untuk menciptakan dan menjuaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap kondusif. Seperti pelaksanaan Pilkades tetap kita menurunkan anggota polisi untuk melakukan pengamanan. Di wilayah saya ada dua desa yang menyelenggarakan Pilkades. Yakni, Desa Selat Mendaun dan Desa Tulang yang merupakan wilayah Kecamatan Karimun,” ujar Kapolsek Kota Balai Karimun, Kompol Wisnu Edhi Sadono, Senin (2/5).

Masing-masing desa tersebut, kata Wisnu, mendapatkan pengamanan 5 orang polisi. Kemudian ditambah dengan 1 orang kordinator di setiap desa. Jadi, jumlah personil polisi yang disiapkan untuk pengamanan Pilkades dari Polsek ada 12 orang. Pengamanan polisi di sana selain untuk kelancaran pelaksanaan Pilkades juga untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS) yang jumlahnya masing-masing ada 4 TPS di dua desa tersebut.

”Untuk situasi di Desa Selat Mendaun dan Desa Tulang, sejak dimulainya tahapan sampai dengan menjelang pemilihan dalam kedaaan aman. Sebab, para calon yang akan bertanding itu berkampanye atau menyampaikan visi dan misinya secara bersamaan dan pada tempat yang sama secara bergantian. Karena lokasi pengamanan berbeda pulau, maka anggota kita yang bertugas pengamanan sudah berada di masing-masing desa sejak sepekan lalu,” jelasnya.

Kapolsek Meral, AKP Agung Gima Sunarya secara terpisah menyatakan, untuk wilayah kerjanya yang terdiri dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Meral dan Kecamatan Meral Barat, tapi hanya ada satu desa saja yang menggelar Pilkades. ”Hanya di Desa Pangke saja Pilkades yang termasuk dalam kecamatan Meral Barat. Kita juga sudah menggelar rapat dengan panitia pelaksana Pilkades tentang pola pengamanan. Sehingga, dari kita menurunkan 8 orang anggota untuk mengamanakan 4 TPS dengan jumlah 4n orang calon,” paparnya.

Hal senada disampaikan disampaikan Kapolsek Buru, Iptu M Jais yang menyebutkan bahwa hanya ada satu desa di wilayah kerjanya yang melaksanakan Pilkades. ”Yang melaksanakan Pilkades hanya Desa Tanjungbatu Kecil yang berada di seberang Pulau Buru. Sampai saat ini situasi Kamtibmas kondusif, namun kita tetap menurunkan personil 67 orang untuk mengamankan 6 TPS. Kita juga sudah duduk dengan seluruh pihak untuk mensukseskan pelaksanaan Pilakdes serentak yang pertama ini,” ungkapnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar