Selidiki Zat Beracun, Tim Forensik Uji Lab Sampel Tubuh Feby Kurnia

1351
Pesona Indonesia
Feby Kurnia bersama sang bunda. Foto: instagram
Feby Kurnia bersama sang bunda. Foto: instagram

batampos.co.id – Dugaan awal kalau Feby Kurnia (19) mahasiswi Geofisika FMIPA UGM tewas dibunuh dengan cara dijerat tali di lehernya ternyata meleset. Hasil autopsi tim forensik Rumah Sakit Sardjito yang diketuai dr. Ida Bagus Gede Surya Putra Pidada, menunjukkan kalau pola seperti jeratan di leher Feby adalah lipatan kulit leher yang membengkak akibat mayat sudah membusuk.

Namun hasil autospi itu belum menjadi acuan utama kalau Feby meninggal bukan karena dibunuh, tapi masih ada sampel organ tubuh Feby yang kini dalam proses uji laboratorium guna memastikan kematian Feby.

“Iya, untuk mengetahui kepastian penyebab kematian Feby Kurnia diperlukan pemeriksaan lanjutan meliputi toksikologi dan patologi anatomi,” ujar dr. Ida Bagus Gede Surya Putra Pidada, Selasa (3/5/2016) di Yogyakarta.

Uji toksikologi diperlukan untuk mengetahui apakah di dalam tubuh Feby mengandung zat kimia beracun dalam kadar melebihi ambang batas normal atau tidak. Jika ditemukan zat kimia beracun dalam kadar melebihi ambang batas, maka bisa jadi Feby tewas akibat keracunan atau diracun.

Sementara uji patologi juga menjadi penting untuk mengetahui apakah Feby memiliki penyakit yang mematikan selama ini atau tidak. Hasil ujilab satu ini juga menjadi penting karena jika hasil uji toksikologi tak terbukti namun uji patologi terbukti, maka bisa jadi Feby meninggal karena penyakit tertentu.

“Pemeriksaan toksikologi dan patologi anatomi memang bisa menjadi penentu kepastian kematian Feby,” ujar dr. Ida Bagus Gede Surya.

Dalam proses pemeriksaan tersebut, sang dokter dibantu empat dokter ahli forensi lainnya dan didukung peralatan canggih sehingga hasil yang akan didapat lebih akurat.

“Tapi butuh waktu kurang lebih 1 hingga 2 minggu,” kata dr. Ida Bagus Gede Surya Putra Pidada.

Kendati membutuhkan waktu 1-2 pekan, namun jenazah Feby sudah bisa dikembalikan ke Batam untuk dimakamkan. Tim Forensik sudah mengambil sampel organ tubuh untuk dua uji lab tersebut. (nur/jpgrup)

Baca Juga:
> Hasil Autopsi Feby Kurnia: Luka Seperti Jeratan Tali Ternyata Lipatan Leher
> Komunikasi Terakhir (Feby) dengan Ibunya
> Feby Kurnia Dalam Kenangan Batam Pos
> CCTV UGM Mati, Polisi Sulit Ungkap Pembunuh Feby Kurnia
> Saat di SMKN 1 Batam, Feby Kurnia Dijuluki Titisan Einstein
> Feby Kurnia: I’m fine here mam…
> Telepon Feby Kurnia, Mahasiswi UGM Asal Batam Sempat Diangkat Seorang Pria
> Feby Kurnia, Mahasiswi UGM Asal Batam Ternyata Dibunuh, Ada Bekas Jeratan Tali di Leher
> Feby Kurnia Ditemukan Tewas di Kamar Mandi Kampus UGM
> Feby Kurnia, Mahasiswi UGM Asal Batam Dikabarkan Hilang

Respon Anda?

komentar