8 Khasiat Mangga untuk Kita

534
Pesona Indonesia

manggaMANGGA, semua suka. Warna kuningnya begitu menggoda. Kecut dan manis bersatu dalam satu gigitan. Hmm….. Tahukah Anda buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Laman Care2, edisi Selasa (3/5) membeberkan khasiat mangga.

1. Mencegah kanker.

Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga mampu untuk melindungi usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat serta mengandung enzim yang melimpah.

2. Menurunkan kolesterol.

Tingkat tinggi serat, pektin dan vitamin C membantu menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein.

3. Membersihkan Kulit.

Bisa digunakan baik secara internal maupun eksternal untuk kulit. Mangga ternyata bisa membantu pori-pori yang tersumbat dan menghilangkan jerawat.

4. Meningkatkan kesehatan mata.

Satu cangkir irisan mangga mengandung 25 persen dari nilai harian yang dibutuhkan vitamin A, yang mempromosikan penglihatan yang baik dan bisa mencegah kebutaan dan mata kering.

5. Mengatasi diabetes.

Daun mangga membantu menormalkan kadar insulin di dalam darah. Caranya adalah dengan merebus daun mangga dalam air, dibiarkan semalaman. Kemudian minum air rebusan daun mangga, yang lebih dulu disaring di pagi hari.

Buah mangga juga memiliki indeks glikemik yang relatif rendah (41-60), sehingga jumlah moderat tidak akan meningkatkan kadar gula Anda.

6. Meningkatkan pencernaan.

Serat dalam mangga juga bisa membantu memperlancar pencernaan.

7. Membantu memerangi sakit stroke.

Jus buah dari mangga hijau bisa membantu untuk mendinginkan tubuh dan mencegah bahaya dari overheating.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jumlah melimpah vitamin C dan vitamin A dalam mangga ditambah 25 jenis karotenoid, bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat.(fny/chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar