Ferry Berpotensi Jadi Calon Tunggal Pilbup Benteng

1261
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

batampos.co.id – Kendati proses pencaftaran bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Benteng baru akan digelar September mendatang, tetapi konstalasi peta politik bakal calon yang akan ikut dalam bursa Pilbup 2017 nanti sudah mulai mengerucut.

Pasca mundurnya M Saleh sekaligus anggota DPD RI dalam pencalonannya, membuka lebar peluang pesta demokrasi di Benteng pada 15 Februari mendatang diikuti paslon tunggal. Bahkan Dr. H. Ferry Ramli, MH sekaligus incumbent Bupati diprediksi satu-satunya calon yang sudah final maju.

Pengamat Politik Universitas Bengkulu Drs. Azhar Marwan, M.Si mengatakan bahwa potensi munculnya hanya satu salon dalam Pilbup Benteng sangatlah besar. Mengingat hingga menjelang tahapan dimulai belum ada calon yang mendeklarasikan untuk benar-benar maju kecuali incumbent Ferry Ramli.

Selain itu minimnya paslon yang akan ikut bertarung akan diperkuat dengan tingginya kekekuatan incumbent yang masih mendominasi dalam elektabilitas dan popularitas serta kapabilitasnya. Sehingga sulit bagi paslon lain untuk bisa mengalahkannya. Apalagi masa jabatannya masih cukup panjang. Sehingga posisinya masih memiliki kekuasaan di pemerintahan cukup leluasa dalam hal meningkatkan potensi elektabilitas ke masyarakat.

‘’Kini baru beberapa balon yang memang sudah ikut mendaftar di partai politik. Kemudian mempersiapkan syarat untuk maju di jalur independen. Tetapi yang sudah final maju itu baru satu orang (Ferry Ramli, red). Sedangkan yang lain butuh persiapan banyak. Baik itu bukti dukungan jika mau ke jalur independen dan partai pengusung tentu sulit didapat. Mengingat parpol akan pikir-pikir untuk mengusung calon yang tingkat elektabilitasnya rendah. Sehingga akan lebih banyak mengincar incumbent (Ferry Ramli, red) terang Azhar Marwan kepada RB (Jawa Pos Groyup) kemarin.

Lanjut Azhar Marwan, saat ini juga bagi calon yang ingin menyaingi incumbent tentu butuh strategi jitu. Artinya selain figure dan kemampuan lainnya termasuk dana. Sebab tidak cukup dengan komitment dukunga jika figure tidak layak jual. Saat ini juga nilai jual parpol di Pilbup Benteng akan rendah. Karena bukannya calon yang mencari perahu, tetapi parpol yang akan mendekati paslon.

‘’Sekarang sejak M Saleh mundur nyalon, tinggal Arbain Awaluddin mantan Sekda Lebong dan M. Sabri incumbent Wakil Bupati. Saya melihat keduanya itu sulit untuk diusung parpol. Tinggal lagi jalur independen. Namun untuk memenuhi syarat itu juga sulit. Sehingga sekaang yang diatas angin tetap Ferry Ramli,’’ paparnya.

Sementara Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto, M.Si mengakui bahwa untuk sementara ini sesuai UU No 8 tahun 2015, calon tunggal tetap dibolehkan digelar Pilkada. Bahkan terbukti pada Pilkada 9 Desember 2015 lalu ada 10 kada yang tunggl. Hasilnya tetap sah dan diakui hingga dilantik.

‘’Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi, calon tunggal itu boleh ikut Pilkada. Namun apakah Pilbup Benteng nantinya akan muncul hanya satu paslon atau tidak itu akan diketahui sewaktu pendaftaran nanti,’’ paparnya.(JPG)

Respon Anda?

komentar