Kapolresta: Anak Terlibat Kriminalitas, Orangtua Perlu Tingkatkan Pengawasan

398
Pesona Indonesia
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Helmy Santika.
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Helmy Santika.

batampos.co.id – Banyaknya tindak kriminalitas yang dilakukan anak-anak dinilai kurang pengawasan dari para orangtua. Bahkan, beberapa diantara pelaku tersebut berstatus pelajar.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Helmy Santika mengatakan saat ini perlu pengawasan ketat terhadap aktivitas anak di sekolah maupun diluar sekolah. Hal itu bisa terwujud dengan interaksi yang baik antara orangtua dan guru.

“Perlu interaksi yang baik antara orangtua dan guru. Jangan semuanya diserahkan kepada guru,” ujar Helmy, kemarin.

Dia menambahkan selain mengawasi, orangtua perlu mengetahui perkembangan anak. Termasuk membatasi pergaulan di lingkungan yang bisa mempengaruhi perilaku sang anak.

“Perkembangan anak perlu diperhatikan. Orangtua harus bertanggung jawab penuh kepada anak,” tuturnya.

Menurutnya, untuk anak-anak yang tersandung hukum, pihaknya akan menangani sesuai undang-undang. Dimana undang-undang itu mengacu kepada UU nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA).

“Kita akan menerapkan dan mengacu kepada undang-undang ini,” tegas Helmy.

Dia juga mengimbau kepada anak-anak untuk terus mematuhi orangtua dan guru, dan mengutamakan pelajaran disekolah. Agar seluruh anak bisa membatasi diri dari hal negatif yang ada lingkungan maupun di pergaulan.

“Pelajar tugasnya belajar dan patuh kepada orangtua dan guru. Mari kita membangun negeri ini dan membangkitkan pendidikan,” paparnya. (opi)

Baca juga:

Tujuh Siswa SD Tertangkap Basah Bobol Toyota Fortuner

Respon Anda?

komentar