Dongkrak Wisata Batam, Rempang Diusulkan Jadi Kawasan Khusus Pariwisata

493
Pesona Indonesia
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Wali Kota Batam yang juga Anggota Dewan Kawasan (DK) Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) Batam, Muhammad Rudi mengusulkan Pulau Rempang jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk pengembangan Kawasan Pariwisata.

”Memang belum ditetapkan, ini jadi tugas tim teknis dan BP Batam (untuk membahas),” ujar Rudi, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, sudah semestinya Batam memiliki wilayah yang khusus dikembangkan untuk mengakselerasi pertumbuhan sektor pariwisata. Mengingat, Batam jadi salah satu pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) terbesar ketiga setelah Bali dan Jakarta.

“Harus diingat, KEK untuk Batam ini kan bukan hanya untuk industri, tapi juga untuk pariwisata,” paparnya.

Selain Rempang, wilayah baru yang akan dijadikan KEK yakni Tanjungsauh dan Pulau Ngenang yang akan dijadikan kawasan khusus di bidang perindustrian. Namun, lokasi baru ini belum dipastikan mengingat harus kembali dikaji bersama antara Tim Teknis dan pimpinan BP Batam yang baru.

”Yang pasti ini tugas untuk dibahas untuk beberapa ke depan, nanti saya awasi,” ujar Wali Kota.

Dia berharap dengan adanya penentuan wilayah-wilayah yang akan dikembangkan secara khusus tersebut, imbasnya bisa kembali dirasakan masyarakat. Mengingat, pengembangan industri maupun pariwisata akan berefek terhadap kehidupan warga Batam itu sendiri.

”Mudah-mudahan dengan kebijakan ini masyarakat bisa sejahtera,” kata dia. (rna)

Respon Anda?

komentar