PU Akhirnya Lunasi 100 Persen Pengerjaan Proyek 2015

550
Pesona Indonesia
Proyek PU Karimun tahun lalu. foto:rpg
Proyek PU Karimun tahun lalu. foto:rpg

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun akhirnya melunasi tunggakan pembayaran pengerjaan sejumlah proyek di tahun 2015 lalu. Tunggakan sebesar Rp70 miliar kepada sejumlah rekanan kontraktor tadi, semuanya berada di bawah naungan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Masing-masing, Bina Marga, Sumber Daya Air (SDA), Cipta Karya, dan Tata Kota. Di mana ada pekerjaan yang didanai oleh pusat, dan kabupaten sekitar 400 paket.

”Alhamdulillah, sudah lunas semua akhir bulan lalu. Ada beberapa yang masih dalam penyelesaian administrasi. Artinya, secara umum sudah tidak ada hutang lagi kepada pihak rekanan kontraktor untuk pekerjaan tahun 2015 lalu,” jelas Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU) Karimun, H Yusrial Mahyudin, Rabu (4/5).

Dengan demikian, tinggal melaksanakan proyek Pemda Karimun tahun 2016 ini. Yang diawali dengan, Rencana Umum Pelelangan (RUP) berapa total proyek yang akan dikerjakan tahun tersebut. Kemudian, dilanjutkan proses lelang melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Baru dilakukan pengerjaan proyek oleh kontraktor, sesuai jumlah hari kerja yang telah ditentukan.
”Belum pasti berapa paket yang akan kita luncurkan. Anda tahu sendirilah, duit tak cukup kalau di kerjakan semuanya,” ungkapnya.

Sedangkan, anggaran untuk rutin saja tidak semuanya dapat dicover oleh PU. Namun demikian, pihaknya tetap akan meluncurkan proyek pemerintah sesuai anggaran yang ada. Sehingga, tidak terjadi terutang lagi pada tahun yang akan datang. ”Paling sekitar dua bulan lagi baru mulai pengerjaan,” singkatnya.

Sementara Ketua DPC Gapensi Karimun Eri Januardin saat di konfirmasi mengatakan, hingga saat ini jumlah paket yang ada di Pemda Karimun baik itu di PU maupun di Dinas lainnya belum ada kepastian. Sedangkan, harga material hingga saat ini tidak ada kenaikkan.

”Belum ada tanda-tanda nih. Kita tunggu sajalah, yang penting sudah ada pelunasan pekerjaan tahun lalu. Sudah syukur kita,” ucapnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar