Sekolah Madrasah Kini Jadi Favorit

435
Pesona Indonesia
Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri, Marwin Jamal saat mengunjungi salah satu madrasah. foto:istimewa
Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri, Marwin Jamal saat mengunjungi pembangunan salah satu madrasah. foto:istimewa

batampos.co.id – Perbaikan kualitas madrasah jadi prioritas kerja Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Provinsi Kepri. Dari tahun ke tahun, sekolah madrasah harus dapat bersaing dengan sekolah umum yang ada. Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal mengimbau seluruh jajarannya, utamanya yang bersentuhan langsung dengan sektor ini benar-benar bekerja lebih giat.

“Tunjukkan madrasah mampu lebih baik. Saat ini animo masyarakat sedang tinggi-tingginya terhadap madrasah,” tegas Marwin pada pelantikan pengurus dan struktur Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) Provinsi Kepulauan Riau periode 2016-2020, kemarin.

Animo masyarakat ini, sambung Marwin, adalah momentum yang mesti dimaksimalkan. Sekaligus jadi waktu terbaik untuk membalas kepercayaan masyarakat. Sudah saatnya, tegas Marwin, guru madrasah merubah pemikiran bahwa kehadiran madrasah bukan saja hanya sekedar mengajar tetapi bagaimana dapat berkontribusi menunjukkan ke masyarakat kalau sekolah madrasah lebih baik.

“Bayangkan, dulu madrasah itu kekurangan murid. Tapi hari ini faktanya di lapangan yang terjadi adalah kekurangan kelas,” kata Marwin. Hal ini dinilai Marwin juga didorong oleh banyaknya siswa madrasah yang berprestasi baik nasional maupun internasional.

Memang tak dipungkiri Marwin, bahwasanya masih ada banyak hambatan menuju madrasah berkualitas di Provinsi Kepri. Tapi itu bukan alasan. Marwin berjanji akan mengupayakan sebisanya jalan keluar dari kendala yang ada, semisal kurangnya sarana dan prasarana, kekurangan guru, dan keterbatasan daya tampung.

“Oleh karena itu ciptakan berbagai inovasi di madrasah untuk menarik dukungan masyarakat. Mislanya madrasah punya target siswanya hafal juz 30 supaya bisa menjadi pembeda dengan sekolah umum,” ucapnya.

Pada tahun 2015 kemarin, tambah Marwin, perbaikan kualitas madrasah di Kepri juga mendapat dukungan dari Kemenag RI. Di waktu hadapan, kata dia, bukan tidak mungkin ada lagi sejumlah bantuan yang bisa diperoleh guna perbaikan kualitas madrasah se-Kepri. Dan Marwin siap memperjuangkan itu.

“Kami masih mengupayakan lagi bantuan dari pusat. Kalau semuanya bisa terserap secara maksimal, pasti juga memberikan hasil yang baik,” pungkasnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar