UN SMP Mulai Senin Mendatang, Soal UN sudah Tiba di Karimun

805
Pesona Indonesia
Soal UN SMP tiba di Karimun dan langsung diamankan ke Polres Karimun. foto:sandi/batampos
Soal UN SMP tiba di Karimun dan langsung diamankan ke Polres Karimun. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Sebanyak 42 koli naskah Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sederajat tahun 2016,t iba di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, kemarin (4/5) . Dengan menggunakan kapal reguler dari Tanjungpinang, naskah UN langsung dibawa ke Polres Karimun dengan pengawalan pihak kepolisian.

”Benar naskah soal UN sudah tiba. Dan diinapkan di Polres Karimun, nanti akan didistribusikan ke pulau-pulau pada hari Sabtu (7/5) lusa. Tapi tetap diinapkan di Polsek masing-masing, baru akan di ambil oleh sekolah pada hari Senin (9/5) pagi,” jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim, di Tanjungbalai Karimun.

Sesuai jadwal, pelaksanaan UN tingkat SMP/Sederajat akan dilaksanakan pada hari Senin (9/5) mendatang. Dengan jumlah mata pelajaran yang di UN kan, ada 4 bidang studi yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk kabupaten Karimun sendiri, jumlah pelajar yang akan ikut UN sebanyak 4.078 siswa, terdiri atas 2.031 laki-laki dan 2.047 perempuan dari 60 sekolah, baik SMP atau madrasah tsanawiyah (MTs).

”Satu mata pelajaran membutuhkan 120 menit, dengan soal antara 40 sampai 50 soal. Sedangkan, lembar jawaban dilingkari dengan pilihan ganda,” paparnya.

Sedangkan, hasil try out beberapa waktu lalu cukup lumayan. Namun demikian, pihaknya sudah menghimbau kepada seluruh SMP/Sederajat agar anak didiknya harus mempersiapkan mental dengan cara banyak-banyak berdoa. Karena, sudah banyak diberikan oleh pihak sekolah kepada anak didiknya bagaimana cara menjawab satu persatu soal UN disaat try out lalu.

”Pokoknya, harus teliti dalam menjawab soal di dalam lembar jawaban. Sebab, pemeriksaan lembar jawaban tersebut menggunakan komputer,” ungkapnya.

Sementara itu salah satu kepala sekolah SMPN I Karimun Sugianto mengungkapkan, persiapan anak-anak didiknya menjelang UN sudah siap semuanya. Ia berharap siswanya dapat menjawab semua mata pelajaran yang ada di naskah UN tersebut.

”Insya Allah lah, mereka siap lahir batin menghadapi UN. Dan berharap lulus 100 persen,” singkatnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar