Apple Inc Kalah Rebutan Merk

996
Pesona Indonesia

dompet iphonebatampos.co.id – Rebutan merk, eh, Apple Inc yang bikin gadget iPHONE kalah dari perusahaan dompet keluaran Tiongkok IPHONE.

Pengadilan Tinggi Beijing menyatakan, Apple gagal membuktikan bahwa merek iPhone untuk telepon genggam lebih terkenal jika dibandingkan dengan merek Iphone untuk produk tas kulit bikinan Xintong Tiandi.

”Apple Inc. gagal membuktikan bahwa merek iPhone miliknya sudah dikenal luas oleh masyarakat dan publik sebelum produsen kerajinan kulit itu mematenkan merek produknya dengan nama Iphone,” terang People’s Daily, media cetak yang menjadi corong Partai Komunis Tiongkok (PKT), kemarin.

Sebenarnya, penulisan dua merek tersebut berbeda. Apple menulisnya dengan iPhone. Sementara itu, Xintong mengecap produknya dengan tulisan IPHONE.

Xintong Tiandi mencatatkan nama tersebut sebagai merek dagang pada 2010. Tapi, perusahaan itu memasarkan produknya sejak 2007.

Sementara itu, Apple Inc. baru merambah pasar Negeri Panda tersebut pada 2009. Saat itu, secara de facto sudah ada Iphone milik produsen casing ponsel, tas tangan, dan dompet kulit tersebut. Maka, saat Apple Inc. menggugat Xintong Tiandi pada 2012, Tiongkok menganggapnya aneh.

Terbukti, pada tahun itu juga, Pengadilan Tiongkok memenangkan Xintong Tiandi. Tak mau menyerah, Apple Inc. naik banding.

Pada tahun berikutnya, putusan pengadilan di atasnya tetap sama. Yakni, iPhone tidak terlalu populer di Tiongkok sampai Xintong Tiandi mematenkan Iphone. Tapi, bukan Apple Inc. jika mau menyerah begitu saja. Perusahaan tersebut kembali naik banding dan lagi-lagi kalah.

Pada kekalahannya yang terakhir kemarin, Apple Inc. tidak langsung memberikan tang- gapan. ”Xintong Tiandi bisa tetap menggunakan Iphone sebagai merek dagangnya,” terang pengadilan seperti dilansir Legal Daily, buletin resmi Kementerian Kehakiman Tiongkok.

Putusan itu jelas disambut gembira Xintong Tiandi. Itu menjadi bukti bahwa perusahaan lokal bisa unggul atas perusahaan internasional di Tiongkok. (AFP/Re-uters/BBC/hep/c6/any)

Respon Anda?

komentar