Duh, Harga Sembako sudah Naik Jelang Puasa

677
Pesona Indonesia
ilustrasi. foto:dok
ilustrasi. foto:dok

batampos.co.id – Bulan puasa tidak lama lagi akan tiba, biasanya kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) secara otomatis meningkat. Sehingga akan terjadi kenaikan beberapa jenis komoditi sembako, sesuai hukum pasar yang berlaku seperti daging segar, telor, mentega, beras, kacang-kacangan, gula dan sebagainya.

” Puasa tinggal sebulan lagi. Tapi sudah ada yang naik harga sembako di sini, kayak beras, minyak curah, dan telor. Saya berharap kepada Pemda Karimun agar tidak terjadi kenaikan sembako nantinya,” harap Dewi salah seorang pedagang nasi, di Tanjungbalai Karimun, kemarin (5/5).

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang pedagang di Pasar Puan Maimun Uni. Ia berharap agar tidak terjadi kenaikan harga sembako terlalu tinggi menjelang puasa dan Lebaran. Sebab, berdampak sangat besar terhadap pembeli. Saat sekarang ini sudah ada beberapa komoditi sembako yang naik, seperti minyak curah dari Rp10 ribu menjadi Rp12.500 per kilogramnya. Selain itu beras kualitas biasa dari Rp10.500 naik menjadi Rp12 ribu per kilogramnya, kemudian gula pasir naik Rp15 ribu yang biasa Rp13 ribu per kilogram, sementara komoditi lainnya belum ada kenaikan.

”Kita hanya mengingatkan saja, kalau sudah naik susah turun bang. Lihatlah, BBM padahal sudah turun tapi sembako tetap saja naik terus,” keluhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Perindustrian dan Perdagangan (Kadiskop, UKM, Perindag) Karimun, HM Hasbi saat di konfirmasi mengungkapkan, bahwa Kabupaten Karimun daerah bukan penghasil beberapa komoditi bahan pokok. Sehingga, kebutuhan tersebut dipasok dari luar Karimun seperti Medan, Pekanbaru, Padang bahkan dari pulau Jawa.

Namun, demikian pihaknya tetap melakukan pengontrolan terhadap barang-barang komoditi bahan pokok. Terutama kepada distributor, agar dapat bekerjasama untuk memasok sembako disaat puasa dan Lebaran. Selain itu transportasi roro yang sangat penting, supaya tidak ada kendala nantinya.

”Benar, kita usahakan agar naik tidak terlalu tinggi. Syukur-syukur tetap seperti sekarang ini, pokoknya pasokan sembako harus mencukupi menjelang puasa maupun Lebaran nanti,” jawabnya.

Pantauan Batam Pos di pasar Puan Maimun, aktivitas para pedagang seperti biasa. Tidak terpengaruh terhadap, beberapa komoditi sembako yang naik. Sedangkan, pembeli saling tawar-menawar kepada pedagang untuk membeli sembako yang dibutuhkan.

“Beli ikan sama bumbu agak banyak nih. Kan libur panjang, jadi masak di rumah lebih sikit dari pada makan di luar tidak cukup,” kata Santi salah seorang pembeli sambil berlalu.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar