Karimun Optimis Masuk Nominasi Adipura 2016

738
Pesona Indonesia
SMP I Karimun yang menjadi salah satu titik penilaian Adipura di Karimun. foto:tri haryono/batampos
SMP I Karimun yang menjadi salah satu titik penilaian Adipura di Karimun. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Karimun Amjon, optimis Kabupaten Karimun masuk dalam nominasi penghargaan Adipura 2016. Setelah tim dari Dewan Pertimbangan Adipura Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) RI, beberapa waktu lalu turun ke Karimun untuk melakukan penilaian di beberapa titik yang telah ditentukan.

”Kita optimislah. Kan sudah berusaha semaksimal mungkin, untuk mendapatkan Adipura tahun ini. Pada intinya, sih menggugah masyarakat supaya peduli terhadap lingkungan,” jelas Amjon, di rumah dinas Bupati Karimun beberapa waktu lalu.

Keoptimisan tersebut, didukung dengan persyaratan yang diajukan oleh tim penilaian telah dipenuhi oleh Pemda Karimun. Ada enam titik yang dilakukan penilaian yaitu, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah, pasar, TPST, bank sampah, wilayah perumahan, termasuk sekolah SMPN I Karimun dan perkantoran pemerintah.

”Alhamdulillah, kita prioritaskan TPA yang ada di Seimemal. Karena TPA di sana sudah memenuhi standar nasional, sanitary landfield yaitu TPA yang memiliki rumah kompos dan alat pencacah sampah plastik, sehingga semua aktivitas sampah dapat dikelola dengan baik,” ungkapnya.

Sementara yang masuk nominasi Adipura di Provinsi Kepri selain kabupaten Karimun, juga ada kabupaten Bintan dan kota Tanjungpinang. Apabila Kabupaten Karimun masuk dalam nominasi, maka kepala daerah harus melakukan presentasi di Kementerian Lingkungan Hidup bagaimana proses menyatukan masyarakat untuk menjaga lingkungannya agar peduli kebersihan.

”Mohon doanya sajalah dari masyarakat. Supaya Karimun dapat Adipura, kan nanti bisa sebagai pemicu untuk terus meningkatkan kebersihan dilingkungan masing-masing,” paparnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SMPN I Karimun Sugianto, merasa suatu kehormatan bahwa sekolahnya menjadi titik penilaian oleh tim Adipura. Ini untuk kesekian kalinya, SMPN I Karimun menjadi titik penilaian oleh Pusat dari berbagai bidang.

”Sudah dari dulu kita tanamkan kepada anak didik kita, agar menjaga lingkungan di sekolah. Mudah-mudahanlah dapat nilai tinggi, maklum bersaing dengan sekolah yang ada di kota besar,” katanya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar