Libur Panjang, Polisi Tambah Kekuatan Personil dan Pengamanan

549
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Libur panjang yang terjadi pada pekan ini membuat aparat kepolisian meningkatkan pengamanan. Kepolisian menambah jumlah personil yang diturunkan ke lapangan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang mengisi liburan.

”Ada 100 orang personil polisi yang kita turunkan ke lapangan selama libur panjang pada pekan ini. Apalagi, libur panjang ini berkaitan dengan libur hari besar keagamaan. Untuk itu, ada personil yang ditugaskan khusus untuk melakukan pengamanan di gereja-gereja se Kabuaten Karimun, khususnya yang melaksanakan ibadah paskah,” ujar Kapolres Karimun, AKBP I made Sukawijaya, Kamis (5/5).

Penebalan dengan menambah jumlah personil dari Polres Karimun ini, lanjut Kapolres, bersifat mengantisipasi terjadinya tindak kriminal. Makanya, pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian sifatnya menyeluruh. Selain tempat ibadah, pengamanan juga dilakukan di objek wisata pantai, pelabuhan dan Coastal Area yang biasanya menjadi tempat keramaian masyarakat.

”Saya juga memerintahkan kepada personil polisi yang melaksanakan patroli menggunakan mobil dan sepeda motor untuk meningkatkan jam patrolinya. Tidak hanya patroli di daerah perkotaan, tapi termasuk melaksanakan patroli di pemukiman masyarakat. Hal ini mengingat pada libur panjang banyak masyu\arakat yang meninggalkan rumah untuk berlibur. Sehingga, dengan adanya patroli polisi pada waktu tertentu dapat mencegah terjadinya tindak kriminal. Dan, apa yang kita lakukan ini bentuk pelayanan polisi kepada masyarakat tanpa diminta,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Chairul, menyebutkan sejak Rabu (4/5) sore, jumlah penumpang yang berangkat meninggalkan Tanjungbalai Karimun mulai terlihat. ”Tadi pagi (kemarin, red) kepadatan di pelabuhan kembali terlihat sejak pukul 07.00 WIB. Sebagian besar penumpang yang akan berangkat ke Batam,” jelasnya.

Peningkatan penumpang yang berangkat di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, kata Chairul, sekitar 15 persen dari hari-hari biasa. Hal ini disebabkan libur panjang. Tidak menutup kemungkinan peningkatan itu akan lebih besar lagi pada esok hari, Jumat (6/5) dan Sabtu (7/5). Sedangkan untuk tujuan ke Riau daratan dan luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura tidak begitu siginifikan. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar