Peserta Cruise to Lingga Sempatkan Kunjungi Suku Laut

644
Pesona Indonesia
Peserta Cruise To Lingga singgah di pemukiman Suku Laut selat Kongky dan melihat langsung tempat kegiatan belajar mengajar. foto: hasbi/batampos
Peserta Cruise To Lingga singgah di pemukiman Suku Laut selat Kongky dan melihat langsung tempat kegiatan belajar mengajar. foto: hasbi/batampos

batampos.co.id – Selain datang menikmati keindahan alam pesisir Lingga yang nyaman, peserta Cruise To Lingga menyempatkan waktu menjenguk kegiatan pemberantasan buta aksara di Selat Kongky, Desa Pena’ah. Berbaur langsung dengan warga Suku Laut, menjadi salah satu kegiatan peserta cruise yang dipimpin langsung Prakash Reddy, Marina Manager Nongsa Point Marina and Resort. Mereka berbagi dan memberikan semangat serta motivasi kepada aktivis dan pelajar Suku Laut.

Densy Diaz, aktivis buta aksara Suku Laut mengatakan, ia sengaja mengundang wisatawan layar untuk datang melihat langsung kegiatan mereka. Peserta Cruise To Lingga, yang berlabuh selama dua hari di Desa Pena’ah begitu antusias dan siap untuk membantu kebutuhan aktivis untuk menunjang pendidikan bagi Suku Laut di Kabupaten Lingga.

“Saat saya tawarkan datang ke tempat kegiatan kami, mereka begitu antusias. Bahkan, mereka (peserta cruise) juga akan membantu buku-buku bacaan dan perlengkapan,” kata Diaz, Kamis (5/5).

Hal tersebut, kata Diaz, sangat membantu proses pendidikan untuk berantas buta aksara. Gerakan yang mulai dengan niat dan keikhlasan ini, kata Diaz, membutuhkan orang-orang yang peduli dan ia membuka kesempatan kepada siapa saja untuk membantu agar orang Suku Laut bisa membaca dan menulis.

“Ini semua panggilan jiwa. Baik kami dan tim aktivis begitu juga kawan-kawan yang datang. Kita sampaikan cita-cita kita membangun Sekolah Alam dan Rumah Baca, mereka begitu mendukung dan merespon juga siap membantu apa-apa yang jadi perlengkapan kami,” jelas Diaz yang juga didampingi Kades Pena’ah, Abang Marwan, dan Ketua RT 3 Selat Kongky, Edi.

Sementara itu, Prakash Reddy mengatakan pihaknya mewacanakan program tahunan untuk mengunjungi Pena’ah. “Kita akan buat program rutin tahunan ke sini,” sambung Prakash.

Selain itu, pihaknya dan para wisatawan layar lainnya baik dari Inggris, Australia, Pilifina dan Amerika Serikat siap menjadi duta wisata layar Lingga, mempromosikan keindahan pesisir dan kearifan lokal yang natural dan ramah.

“Kita akan ajak kawan-kawan kita di luar untuk datang ke sini. Kita siap menjadi duta wisata Lingga,” tutup Prakash yang akan melanjutkan penjelajahannya di Lingga kembali ke Desa Mensanak. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar