PT Santo Membuka Harapan Lapangan Pekerjaan di Natuna

1233
Pesona Indonesia
Santos Northwest Natuna B.V kini mengambil alih migas di Blok Ande-Ande Lumut, Natuna, Kepri. Foto: smabuenergy.com
Santos Northwest Natuna B.V kini mengambil alih migas di Blok Ande-Ande Lumut, Natuna, Kepri. Foto: smabuenergy.com

batampos.co.id – Rencana akan beroperasinya PT Santos yang akan melakukan ekplorasi di wilayah Natuna sudah menyebar ke telinga masyarakat. Kabar itu menjadi harapan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, terutama mantan pekerja offshore di tahun 80-an. Salah satunya Ajiz, ia berharap dari pengalaman kerja sebelumnya di Premier Oil, bisa menjadi pertimbangam PT Santos. Mayoritas warga Natuna pernah menjadi pekerja rig lepas pantai, mulai tukang masak, cuci, hingga bidang perawatan pipa.

”Kami senang, kalau ada lagi perusahaan migas yang akan produksi. Mudah-mudahan pemerintah daerah bisa membantu kami bekerja di sana,” tutur Ajiz, Kamis (5/5).

Kepala Seksi (Kasi) Ketenagakeraan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Pemkab Natuna Habibunnajar, mengatakan, saat ini mantan pekerja rig lepas pantai sudah ramai menghubungi Dinsosnaker. Beroperasinya PT Santos direncanakan 2017 mendatang dan sebuah harapan baru bagi masyarakat Natuna.

Dikatakan Habib, masyarakat berharap home base PT Santos lokasinya berada di Natuna, karena akan banyak peluang  dan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Hal itu juga mendukung wilayah ekplorasinya juga berada di Natuna.

”Kami dari pemerintah daerah harapannya juga begitu. Kalau home base PT Santos ada di Natuna, akan banyak peluang pekerjaan,” ungkapnya.

Menurut Habib, dibangunnya home base di Natuna akan menambah pendapatan daerah dari pajak tenaga asing. Selama ini meski terdapat pekerja asing, namun home base-nya berada di Anambas sehingga menjadi pendapatan Kabupaten Anambas. Perusahaan pengeboran maupun yang sudah produksi, hanya memerlukan jaminan keamanan dan kenyamanan. Apalagi saat ini bandara sipil sudah selesai, tinggal menunggu peresmian untuk dioperasikan.

”Banyak harapan kepada pak bupati yang baru dilantik, agar memperjuangkan home base PT Santos tetap di Natuna,” ujar Habib. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar