Soal Pernyataan Saut, KPK Ajak HMI Berdamai

1210
Pesona Indonesia
Ketua Umum PBHMI, Mulyadi P Tamsir.  Foto: istimewa/pojoksatu
Ketua Umum PBHMI, Mulyadi P Tamsir. Foto: istimewa/pojoksatu

batampos.co.id – Protes Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) atas pernyataan Komisioner KPK Saut Situmorang mendapatkan tanggapan dari lembaga anti rasuah tersebut. KPK mengaku ada kesalahpahaman menyikapi pernyataan Saut tentang korupsi di Indonesia.

Pelaksana harian Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati mengungkapkan, pihaknya akan mengundang HMI bertemu membicarakan persoalan tersebut.

”Kami percaya kesalahpahaman ini bisa diakhiri dengan berkomunikasi,” ujar Yuyuk saat dimintai tanggapan atas ancaman laporan HMI ke polisi. Mengenai kapan waktunya, Yuyuk mengatakan secepatnya akan mengundang KPK membahas masalah itu.

Baca Juga:
> Mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko Sarankan Saut Minta Maaf
> Sebut KAHMI/HMI Jahat dan Korup, Pimpinan KPK Saut Situmorang Dikecam

Korps Alumni HMI (KAHMI) memprotes pernyataan Saut Situmorang yang dinilai menyudutkan organisasi kemahasiswaan tersebut. Pernyataan Saut situ disampaikan di stasiun televisi swasta menyikapi fenomena korupsi di Indonesia.

Dalam sebuah acara di televisi, Saut memaparkan hubungan korupsi dan kejahatan dengan orang-orang cerdas. Dia mencontohkan alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang dalam perjalanannya banyak terjerumus dalam lingkaran korupsi.

Melalui siaran persnya, KAHMI menyebut pernyataan Saut tendensius. Mereka meminta Saut memohon maaf melalui media massa cetak dan elektronik nasional selama lima hari berturut-turut.

Tak hanya itu, Saut juga diminta mundur dari jabatan pimpinan KPK. KAHMI juga mengancam akan melaporkan kasus ini ke majelis kode etik KPK dan Mabes Polri. (gun/sof/jpgrup)

Respon Anda?

komentar