Hari Ini 2.282 Pelajar SMP Bintan Ikuti UN

467
Pesona Indonesia
Suasana Ujian Nasional di salah satu sekolah tahun lalu. Foto: istimewa
Suasana Ujian Nasional di salah satu sekolah tahun lalu. Foto: istimewa

batampos.co.id – Hari ini, Senin (9/5), sebanyak 2.282 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Madrasah Tsanawiyah (MTs) sederajat di Kabupaten Bintan mengikuti Ujian Nasional (UN). Ujian yang menentukan kelulusan ini akan dihadapi pelajar berseragam putih biru tersebut selama empat hari dari 9-12 Mei 2016. Untuk ujian perdananya pelajar akan mengisi puluhan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Saya yakin seluruh pelajar SMP dan MTs sederajat di Bintan bisa hadapi UN di hari pertama ini. Karena soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah pernah diperoleh mereka saat proses belajar selama ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bintan Makhfur Zurachman saat dikonfirmasi, Minggu (8/5).

Untuk UN hari kedua, Selasa (10/5), pelajar akan mengikuti mata pelajaran Matematika. Kemudian UN hari ketiga, Rabu (11/5) akan diujikan mata pelajaran Bahasa Inggris. Hari terakhir UN, pelajar akan berhadapan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan untuk ketersediaan soal UN dari hari pertama hingga keempat, lanjutnya, tidak ada ditemui permasalahan sedikitpun. Pasalnya sehari sebelum UN dilaksanakan, Disdikpora sudah menerima seluruh soal UN baik jumlah soal maupun mata pelajaran yang diujiankan. Bahkan beberapa waktu lalu juga sudah didistribusikan kesetiap kantor Polisi Sektor (Polsek) yang ada diwilayah Bintan. Namun untuk sekolah yang berada diluar daratan ibukota atau kawasan pesisir, soal UN tidak didistribusikan ke Polsek melainkan dititipkan di Pos Polisi (Pospol).

Jadi untuk masalah soal maupun jumlah peserta yang ikut UN tidak ada kendala sedikitpun. Sehingga dipastikannya, UN akan berjalan lancar sesuai jadwalnya. Jadi besar harapannya, seluruh pelajar SMP maupun MTs sederajat di Kabupaten Bintan bisa lulus 100 persen seperti kelulusan siswa SMA sederajat.

“Untuk masalah logistik soal UN tidak ada masalah. Sudah didistribusikan baik ke Polsek maupun Pospol. Nantinya dari kantor polisi inilah soal tersebut dikirim ke sekolah. Kita berharap lancarnya pelaksanaan UN saat ini diimbangi dengan kelulusannya yang juga lancar secara menyeluruh atau lulus 100 persen dengan nilai tinggi,” katanya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar