Natuna Peringkat Paling Buncit Hasil UN SMA, Tapi Tanpa Kecurangan

1218
Pesona Indonesia
Pengumuman kelulusan di salah satu SMA di Ranai. Tahun ini Natuna berada di peringkat paling buncit se Kepri. foto: aulia rahman/batampos
Pengumuman kelulusan di salah satu SMA di Ranai. Tahun ini Natuna berada di peringkat paling buncit se Kepri. foto: aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Ketua penyelenggaran Ujian Nasional Kabupaten Natuna Sabki Khalid mengatakan, hasil ujian nasional tingkat SMA sederajat Natuna tahun 2016 berada diposisi paling buncit diantara kabupaten dan kota di Kepri.

“Tahun ini nilai ujian nasional SMA sederajat berada diperingkat ke 7, paling buncit,” kata Sabki, Sabtu lalu.

Hasil ujian nasional tingkat SMA berbeda tahun 2015 lalu. Natuna berada peringkat satu se Kepri. Namun penuh kebohongan, dengan tingkat kebocoran soal mencapai 70 persen.

“Tahun lalu hasil unasnya peringkat satu, tapi sebaliknya, peringkat satu adanya kecurangan,” ujar Sabki.

Namun tahun ini, sambung Sabki, meski berada peringkat buncit. Itulah kualitas pendidikan di Natuna, dengan tingkat kebocoran soal nol persen.

Menurut Sabki, pendidikan di Natuna harus mengedepankan kualitas dan integritas, bukan mengutakaman kuantitas, namun penuh kecurangan.

Sabki mengatakan, ujian nasioanal tahun ini, dinas pendidikan sudah melakukan pengawasan ketat di setiap sekolah. Bahkan sanksinya kepala sekolah akan dicopot, jika masih ada kecurangan.

Tahun ini kata Sabki, kelukusan siswa merupakan otoritas sekolah. Ujian nasioanal untuk mengukur kualitas pendidikan dimasing masing sekolah dan siswa. Sekaligus melakukan pemetaan untuk menentukan sekolah terbaik.

“Alhamdulillah, kalau pun sekarang nilai ujian nasional terendah, tapi mendapat pujian, karena integritasnya nomor satu se kepri,” ujar Sabki.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar