Resmi, Satu Komisioner KPK Jadi Terlapor di Bareskrim Polri

727
Pesona Indonesia
Saut Situmorang minta maaf. Foto: dok. Riau Pos
Saut Situmorang minta maaf. Foto: dok. Riau Pos

batampos.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang kini menjadi terlapor di Bareskrim Polri. Pelapornya adalah   Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI).

HMI melaporkan Saut terkait ucapannya di salah satu televisi swasta yang menyebut organisasi berciri hijau hitam itu korup. Sebelumnya HMI sempat melayangkan somasi agar Saut memina maaf.

Namun karena Saut tak menghiraukan somasi itu,maka PB HMI pun memilih menempuh jalur hukum. Ketua Umum PB HMI Muhammad Fauzi menyatakan, polisi sudah semestinya memproses Saut lantaran telah mencemarkan nama baik organisasi mahasiswa yang telah melahirkan banyak tokoh itu.

“HMI secara tegas akan mengusut, melakukan proses hukum. Tidak ada proses damai,” ujar Fauzi di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (9/5).

Menurutnya, pernyataan Saut yang mengeneralisasi kader HMI berperilaku korup tidak bisa dimaafkan begitu saja. Sebab, kata Fauzi, ketika ada satu oknum HMI melakukan korupi dan diproses KPK, bukan berarti organisasinya menjadi lembaga koruptor.

“Kami akan dukung KPK ketika ada oknum-oknum (HMI) yang melakukan korupsi. Tetapi pernyataan atau statement over generalisasi ini tidak bisa dimaafkan begitu saja,” tegasnya.

Lebih lanjut Fauzi mengatakan, HMI sebenarnya sudah melayangkan somasi agar Saut meminta maaf dua hari lalu. Namun, katanya, Saut tak menggubris somasi HMI.

“Kami sudah melakukan somasi di beberapa media. Ketika 2 x 24 jam pernyataan kami di media tidak direspons, kami  menempuh jalur hukum,” tegasnya. (Mg4/jpnn)

Respon Anda?

komentar