Saut Situmorang Akhirnya Minta Maaf

1040
Pesona Indonesia
Wakil Ketua KPK Thony Saut Situmorang. Foto: istimewa
Wakil Ketua KPK Thony Saut Situmorang. Foto: istimewa

batampos.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang akhirnya meminta maaf terkait pernyataanya yang menyebut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps Alumni HMI orang-orang cerdas yang korup dan jahat.

“Sebagai pribadi, saya tidak bermaksud menyinggung HMI atau lembaga lain sehingga menimbulkan kesalahpahaman persepsi. Untuk itu saya mohon maaf atas pernyataan tersebut. Sekali lagi saya mohon maaf,” kata Saut dalam jumpa pers di kantor KPK, Senin (9/5/2016).

Dia dan pimpinan KPK lainnya percaya HMI sebagai lembaga penggerak aktivis mahasiswa Indonesia bisa menjadi mitra KPK dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Untuk itu kami akan segera melakukan pertemuan dengan pimpinan HMI menjalin silaturahmi agar menjaga hubungan yang lebih baik,” kata Saut.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta, Saut mengatakan HMI korup dan jahat.

“Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau di HMI minimal LK 1, tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” ujar Saut ketika itu.

Pernyataan Saut mengundang reaksi keras dari kader HMI di seluruh Indonesia. Saut akan dilaporkan ke kepolisian dan komite etik KPK.

Bahkan, dari pagi ratusan massa HMI demo di kantor KPK dan sempat ricuh. (boy/jpnn)

Respon Anda?

komentar