Japan Club Malaysia Jajaki Investasi ke Batam

632
Pesona Indonesia

japanclubbatampos.co.id – Delegasi Jepang Club Malaysia mengunjungi BP Batam, Selasa (10/5). Mereka datang untuk melakukan survey investasi di Batam, melihat langsung kondisi ikim investasi dan perekonomian di Batam, serta untuk menjajaki kemungkinan melakukan relokasi perusahaan mereka ke Batam.

Delegasi dipimpin oleh Head of Delegation Japan Club Malaysia, Datok Ichiro Suzuki dan Kepala Kantor Perwakilan BP di Jepang H. Kinoshita.

Dijelaskan Datok Ichiro yang juga selaku Leader of The Chamber of trade and Industry Malaysia, bahwa Japan Club Malaysia sendiri terdiri dari 600 anggota pengusaha Jepang di Malaysia. Misi dalam kunjungan delegasi kali ini adalah untuk melakukan survey bisnis dan investasi guna mengetahui kondisi terkini investasi di Batam dan juga mereka ingin mengetahui informasi mengenai kebijakan pemerintah pusat terhadap BP Batam kedepannya yang berdampak pada investasi.

Ichiro menambahkan bahwa dirinya sangat terkesan dengan Batam sebagai kawasan strategis dan berharap misi kali ini dapat menarik minat para anggota Japan Club di Malaysia.

“Dan kami juga berharap tentu misi ini akan berhasil membawa investors Jepang ke Batam” terangnya mengakhiri sambutan.

Hal utama lain yang diungkapkan para anggota adalah ketersediaan tenaga kerja lokal yang handal mulai dari tingkat operator, middle, hingga high position sekelas supervisor dalam jumlah besar, upah minimum pekerja, serta regulasi perburuhan yang berlaku di Batam.

Anggota 5/Deputi Bidang Pelayanan Umum, Gusmardi Bustam, yang menerima mereka mengatakan bahwa Batam ditawarkan sebagai salah satu daerah investasi terbaik di Indonesia.

Pemerintah pusat memberikan ekpektasi dan harapan tinggi tentu pada kami untuk Meningkatkan investasi di Batam. Kami menawarkan SEZ Batam dengan kemudahannya. Kami harapkan tentu businesses society dapat berkembang di Batam, mengingat lokasi Batam yang sangat strategis.

Gusmardi menawarkan beberapa peluang sektor yang dapat dikerjasamakan yakni dalam bidang infrastruktur, industri yang memiliki value added yang tinggi, Jepang juga dapat berpartisipasi untuk membangun Rumah Sakit atau investasi pendidikan untuk menghasilkan SDM handal.

Sementara beberapa langkah utama yang akan dilakukan BP Batam dalam rangka mempercepat laju investasi adalah mempercepat perijinan investasi, memperbaiki semua fasilitas dan infrastruktur, kepastian kebijakan bagi investor kecil menengah di Indonesia didukung oleh 12 paket kebijakan Presiden Jokowi. Ditambah lagi dalam waktu tidak lama BP Batam akan meluncurkan layanan perijinan 3 jam dan kemudahan investasi langsung mendirikan bangunan industri.

Dalam sektor SDM Gusmardi meyakinkan bahwa Batam memiliki SDM yang handal dan cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Politeknik Negeri Batam juga melahirkan tenaga-tenaga ahli dibidang mekanikal dan teknik yang mampu berkualifikasi.

Harapan mengemuka bahwa hasil kajian ini dapat menjadi media promosi bagi Batam bagi para investor. Pihak Japan Club Malaysia sendiri menyatakan apresiasi atas segala bentuk perkembangan Batam dan insentive yang ditawarkan. Hal terpenting selanjutnya yang patut diutamakan adalah menjaga iklim kawasan investasi ini semakin kondusif dengan kondisi perburuhan yang terkendali, sehingga lapangan pekerjaan juga akan terbuka lebar bagi penduduk lokal batam. (*)

Respon Anda?

komentar