Kasus Yuyun Mendapat Sorotan Media Internasional

1454
Pesona Indonesia
Rekonstruksi kasus pemerkosaan Yuyun. Foto: dok/JPG
Rekonstruksi kasus pemerkosaan Yuyun. Foto: dok/JPG

batampos.co.id – Kasus pemerkosaan sadis berujung pembunuhan terhadap Yuyun, seorang siswi SMP di Rejang Lebong, Bengkulu, ternyata tidak hanya menggemparkan tanah air, tetapi juga mendapat sorotan dari media internasional.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Yohana Yembise. Yohana mengakui pihaknya terlambat mendapat informasi kasus tersebut. Justru dia mendapat kabar pertama kali dari anaknya yang kuliah di Inggris.

“Kasus ini sudah mendunia, karena saya baru tahu ada kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh belasan remaja di Bengkulu tersebut setelah anak saya yang kuliah di Inggris memberitahukan kepada saya. Anak saya itu bilang, “mama, coba lihat itu di Bengkulu ada anak sekolah yang meninggal setelah diperkosa oleh belasan remaja”,” tutur Yohana.

Kasus kematian Yuyun, sambungnya, bukan saja telah menyayat hati dirinya selaku ibu tetapi juga menarik perhatian masyarakat internasional dan Presiden Joko Widodo.

“Saya meminta gubernur, bupati, dan pejabat lainnya untuk mengantisipasi agar peristiwa itu tidak terulang kembali,” tegas Yohana.

Dia menambahkan, peristiwa yang menewaskan Yuyun tersebut, hendaknya jadi momentum agar pelaku kekerasan seksual bisa juga dikenai ancaman hukuman seperti kasus narkoba.

“Saya berharap DPR sebagai pengusul RUU PKS (Penghapusan Kekerasan Seksual) ini bisa bekerja cepat. Karena RUU ini masih belum termasuk dalam prioritas pembahasan tahun 2016, hanya masuk dalam long list 2015 – 2019,” imbuhnya. (fdi/sam/jpnn)

Respon Anda?

komentar