Profesor Syafsir Akhlus Pimpin UMRAH, Bertekad Jadikan Universitas Terkemuka di Dunia

759
Pesona Indonesia
Abdul Malik (kiri) dan Syafsir Akhlus foto: fatih / batampos
Abdul Malik (kiri) dan Syafsir Akhlus. foto: fatih / batampos

batampos.co.id – Profesor Syafsir Akhlus dinyatakan sebagai Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang untuk periode 2016-2020. Keputusan ini sudah resmi melalui proses pemilihan rektor, Senin (9/5/2016).

Akhlus dinyatakan peraih suara tertinggi setelah mengantongi 16 suara. Sedangkan calon lain, Abdul Malik hanya memperoleh 10 suara dan Profesor Firdaus LN hanya dua suara.

“Ada satu suara yang tidak sah dari total 29 suara yang masuk,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor UMRAH Tanjungpinang, Winata Wira.

Tahapan selanjutnya, sambung Wira, adalah penetapan langsung Akhlus sebagai rektor selama empat tahun ke depan. Pada tahapan ini jadi wewenang Kemenristek Dikti. Wira menambahkan, berkas-berkas hasil pelaksanaan pemilihan rektor kali perdana di UMRAH Tanjungpinang ini juga bakal segera dilaporkan. “Agar proses pelantikan juga bisa dilakukan secepatnya,” ujarnya.

Ada pun Akhlus, menyatakan, siap melanjutkan amanahnya. Bagi Akhlus, masa kerja sebagai orang nomor satu di UMRAH sejak Juli 2014 silam ini belum selesai. Ada banyak kerja yang mesti dituntaskannya untuk melihat UMRAH sebagai perguruan tinggi terkemuka di bidang maritim. “Selama hampir dua tahun terakhir ini, kami memang lebih terfokus pada perbaikan manajemen dan kurikulum. Sekarang kami ingin melangkau cita-cita yang lain,” kata mantan Atase Pendidikan KBRI Perancis ini.

Dalam visi seorang Akhlus, kurun waktu empat tahun ke depan memimpin UMRAH adalah fase untuk kian melambungkan nama baik serta prestasi gemilang UMRAH, tidak hanya di jagat nasional bahkan internasional. Itu bisa ditilik dari telah terdaftarnya UMRAH dalam Consortium of Asia Pacific Education University (CAPEU), Indonesia Thailand Rectors Forum, dan France Indonesia Consortium on Engineering and Management (FICEM).

Kesempatan kedua kali kedua sebagai Rektor UMRAH periode 2016-2020 bakal dimanfaatkan Akhlus untuk memfokuskan kerja-kerjanya pada menyiapkan SDM yang unggul, membuat dan mengembangkan sistem pengelolaan yang terpadu, meningkatkan dan memperkuat sarana dan prasarana, memperluas jejaring dan kemanfaatannya, dan menumbuhkembangkan wirausaha untuk peningkatan kesejahteraan.

“Pekerjaan besar ini tentu bakal melibatkan seluruh civitas akademika UMRAH,” pungkasnya. (muf/bp)

Respon Anda?

komentar