Hari Ini, Kios Liar Simpang Kara dan Simpang Frengki Digusur

933
Pesona Indonesia
Kios liar di Simpang Kara tepatnya di depan Perumahan Eden Park, Batamkota. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Kios liar di Simpang Kara tepatnya di depan Perumahan Eden Park, Batamkota.
Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Tim Terpadu kembali bergerak untuk menertibkan kios liar di Batam, hari ini Rabu (11/5). Ada dua titik kios liar yang akan digusur, yakni kios liar di Simpang Kara, Batamcenter dan kios liar di Simpang Frengki tahap II, juga di Batamcenter.

”Sesuai agenda, kios liar di dua tempat yang berdekatan itu akan ditertibkan bergantian besok (hari ini),” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Hendri, Selasa (10/5).

Menurut dia, khusus di Simpang Kara, Tim Terpadu akan merobohkan sekitar 100-an unit kios liar. Penertiban itu akan menyasar bangunan-bangunan ilegal baik yang berdiri di kanan dan kiri jalan dari Simpang Kara yang menuju ke arah Gereja Tabgha. ”Semuanya, tanpa terkecuali karena mereka (pemilik kios) sudah dikasih SP (Surat Peringatan) tiga,” paparnya.

Sedangkan di Simpang Frengki tahap II, sambung Hendri, tim akan merobohkan puluhan kios liar yang dulu belum sempat ikut ditertibkan saat penertiban dua pekan lalu. ”Ini seperti di kios liar yang mendekati Ruko Purimas, dekat lampu merah Simpang Purimas itu,” terangnya.

Menurut Hendri, pihaknya akan kembali menurunkan 300 personel keamanan gabungan untuk mengawal penertiban tersebut. Seperti dari unsur Satpol PP, Kepolisian, dan TNI. ”Kita upayakan langkah persuasif, sehingga suasana juga tertib dan terkendali,” kata dia.

Sedangkan untuk peralatan, Hendri mengatakan pihaknya juga akan kembali menurunkan alat berat seperti escavator dan beberapa peralatan lain yang dibutuhkan. ”Sebetulnya sudah kami imbau untuk bongkar sendiri, tapi kalau tetap belum dibongkar kita bongkar pakai eskavator,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Satpol PP juga mengatakan setelah penertiban di Simpang Kara dan Simpang Frengki Batamcenter ini, pihaknya sudah ancang-ancang untuk menertibkan bangunan liar di wilayah lain. ”Setiap minggu ada, nah minggu depan rencana di Sagulung, lokasi yang akan dibangun Masjid Agung,” jelasnya. (rna)

Respon Anda?

komentar