Konsumsi Setengah Cangkir Buah Sehari Jauhkan Anda Dari Penyakit Kardiovaskular

741
Pesona Indonesia

4624583005

batampos.co.id – Penyakit jantung dan stroke memang menjadi momok bagi sebagian orang. Kabar baiknya, penyakit ini akan menjauhh bagi Anda yang suka mengonsumsi buah.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang makan buah segar. Seperti apel dan jeruk setiap hari, mampu mengurangi sepertiga risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke, dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah makan buah.

“Konsumsi buah penting bagi kesehatan jantung Anda,” kata pemimpin peneliti, Dr. Liming Li, seperti dilansir laman Health, Selasa (10/5).

Peserta studi yang makan buah paling sering memiliki tekanan darah dan gula darah lebih rendah. Nah ini yang menyebabkan penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

Untuk penelitian ini, Li dan rekannya mengumpulkan data lebih dari 500 ribu orang dewasa, yang berusia 30-79 tahun pada 2004 dan 2009.

Selama tujuh tahun, mereka yang makan setara dengan kira-kira setengah cangkir buah sehari memiliki risiko jauh lebih rendah dari penyakit kardiovaskular.

“Penyakit kardiovaskular merupakan penyebab utama kematian dini secara global,” kata Dr. Gregg Fonarow, seorang profesor kardiologi di University of California, Los Angeles.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa diet tinggi buah berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Hanya saja, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah makan lebih banyak buah akan menghasilkan keuntungan bagi kesehatan Anda.

Samantha Heller, ahli gizi klinis senior di New York University Medical Center, mengatakan, buah merupakan tambahan yang bagus untuk diet. “Buah manis dan lezat dan merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan senyawa tanaman yang sehat lainnya,” kata Heller.

Selain itu, serat dalam buah-buahan juga membantu saluran pencernaan tetap sehat dan membantu menjaga sel-sel otak berfungsi.

Untuk mendapatkan lebih banyak dari senyawa sehat yang ditemukan dalam buah-buahan, Heller merekomendasikan makan berbagai buah, termasuk aprikot, anggur, kiwi, melon, persik dan jeruk. (fny/chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar