Masih Sering Rusak, Dishub Tunda Kapal Feri Transit di Sungai Tenam

638
Pesona Indonesia
Kapal feri MV Arena yang melayani rute Daik-Tanjungpinang. foto:hasbi/batampos
Kapal feri MV Arena yang melayani rute Daik-Tanjungpinang. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga, Selamat mengatakan, rencana transit feri reguler Daik-Tanjungpinang di Sungai Tenam terpaksa ditunda. Pasalnya, kerusakan armada transportasi laut sepekan terakhir membuat pemerintah daerah terpaksa menunda uji coba trayek persinggahan di Pelabuhan Sungai Tenam pada Selasa (10/5) pagi.

Pada awalnya, terang Selamat, jauh hari Pemkab Lingga berencana mengaktifkan Pelabuhan Sungai Tenam tersebut. “Berhubung masih sering terjadi kerusakan armada yang melayani angkutan laut Tanjungpinang-Daik, himbauan Pak Bupati untuk ditunda dulu pengaktifan Pelabuhan Sungai Tenam. Sampai pihak operator benar-benar berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan tidak lagi ada kerusakan,” jelas Selamat.

Pelabuhan Sungai Tenam, kata Selamat, sudah cukup siap untuk mulai diaktifkan. Segala fasilitas dasar, ruang tunggu, kantor dan pelabuhan maupun jalan lintas Khatulistiwa telah dibenahi. Hanya saja persoalan armada reguler yang masih belum maksimal dalam memberikan pelayanan.

“Kita lihat 3 sampai 4 hari kedepan bagaimana pelayanannya. Kita minta operator mau bekerjasama dan berkomitmen melakukan perbaikan tuntas yang maksimal. Memberikan pelayanan terbaik, apalagi akan masuk bulan puasa dan lebaran. Kita minta kerjasamanya lah,” jelas Selamat.

Untuk itu, pihaknya akan kembali mendudukkan persoalan ini bersama operator. Sebab, sesuai himbauan Bupati Lingga, Alias Wello, ketepatan waktu ketibaan dan keberangkatan harus menjadi perhatian.

Persoalan sepekan terakhir, salah satu armada yakni MV Lingga Permai kembali rusak sehingga membuat transportasi laut di Lingga terganggu. “Kita tidak mau lagi ada kerusakan-kerusakan itu,” tambahnya.

Sementara itu, selain akan digunakan sebagai transit, Pelabuhan Sungai Tenam dalam waktu dekat, terang Selamat, juga akan dilayani armada baru yakni Sungai Tenam- Benan- Batam. “Untuk rute ini operatornya masih mengurus trayek. Kita harapkan secepatnya. Memudahkan akses ke Lingga dan tentu akan menghidupkan pariwisata Pulau Benan,” tutupnya. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar