PLN Mesti Benahi Kualitas Jaringan

382
Pesona Indonesia
Pekerja melakukan perbaikan jaringan pada salah satu tiang listrik di jalan Ahmad Yani Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang, belum lama ini.  Foto:Yusnadi/Batam Pos
Pekerja melakukan perbaikan jaringan pada salah satu tiang listrik di jalan Ahmad Yani Kecamatan Bukit Bestari Tanjungpinang, belum lama ini. Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Pemadaman listrik total yang mendera ibu kota Provinsi Kepri pada akhir pekan kemarin menjadi rapor merah atas kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) Tanjungpinang. Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Rudy Chua mengatakan, sudah semestinya PLN Tanjungpinang berbenah.

Ada satu hal yang mendesak dan tidak bisa lagi ditunda. “Kami meminta PLN mesti meng-upgrade semua jaringan yang ada di Tanjungpinang. Karena yang ada saat ini sudah tua semua,” ungkap Rudy, Selasa (10/5).

Akibat kondisi jaringan yang belum mengalami peremajaan untuk waktu yang cukup lama itu menyebabkan ketahanannya tidak lagi bisa diandalkan. Terlebih kala hujan deras mengguyur seantero kota. “Jangan asik mati lampu saja setiap hujan tiba. Ini kan menimbulkan banyak pertanyaan di benak masyarakat,” ungkap Rudy.

Sebenarnya, kata Rudy, sudah berulang kali dirinya menasihati PLN mengenai kondisi jaringan ini. Namun belum terjadi juga peremajaan hingga hari ini. Khususnya jaringan yang berada di daerah perkotaan. “Kalau yang daerah luar kota itu jaringannya sudah bagus. Karena instalasi baru. Tapi yang di perkotaan ini yang jadi masalah sebenarnya,” bebernya.

Bila tidak lantas kunjung diperbaikan, jika misalnya enam dudukan yang ada dan dua diantaranya rusak, otomatis beban akan bertambah di empat dudukan lainnya. “Yang akhirnya menjadi overheat dan akhirnya rentan rusak sampai menimbulkan ledakan pada travo,” jelasnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar