4 WNI Korban Sandera Abu Sayyaf Dipulangkan Hari Ini

440
Pesona Indonesia
Presiden Joko Widodo jumpa pers di Istana Merdeka. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN
Presiden Joko Widodo jumpa pers mengenai pembebasan 4 sandera Abu Sayyaf di Istana Merdeka. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

batampos.co.id – Anak Buah Kapal (ABK) TB Henry yang dibebaskan kelompok Abu Sayyaf, informasinya, hari ini (12/5) akan dipulangkan ke Indonesia melalui Tarakan. Mereka adalah sandera kedua yang dibebaskan setelah sebelumnya 10 sandera yang ditawan sejak 26 Maret bebas pada 1 Mei lalu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan, keempat WNI dalam kondisi baik. Saat ini, keempatnya sedang dalam proses pemeriksaan kesehatan oleh pihak Filipina. ”Sejak pagi saya komunikasi terus menerus dengan Menlu Filipina. Tentu saja, juga melakukan kontak dengan tim Indonesia di lapangan untuk memastikan kondisi para WNI,” tutur Retno di Kantor Kemenlu, Pejambon, Jakarta, kemarin.

Kabar baik ini, juga telah disampaikan pada pihak keluarga sandera. Kemenlu mengabarkan posisi terakhir dan kondisi keluarga mereka dengan harapan pihak keluarga bisa lebih tenang.

soal pemulangan, Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu mengatakan, proses akan dilakukan usai pemeriksaan kesehatan rampung.

Kemenlu bersama Panglima TNI saat ini sedang membahas intensif bagaimana teknis pemulangan kembali sandera ke tanah air. Belum pasti kapan waktunya. Retno hanya menegaskan, pemulangan dilakukan segera. ”Sekarang fokusnya memastikan mereka sehat. (Soal pemulangan) sedang berembuk bagaimana kita mengembalikan para sandera,” ungkapnya.

Disinggung terkait proses pembebasan dan siapa kelompok penyandera, Retno menolak memperinci. Dia mengatakan, hal itu menjadi tidak penting. Sebab, fokus utama pemerintah dalam membebaskan WNI dalam kondisi selamat sudah berhasil. ”Alhamdulilah keempat itu sudah dapat. Posisi sudah dengan otoritas Filipina tapi tim Indonesia sudah di sana,” paparnya. (jpnn)

Respon Anda?

komentar