Ingin Batam Bersih, DKP Minta Kerjasama Semua Pihak

717
Pesona Indonesia
Petugas kebersihan memuat sampah ke dalam truk di Seraya, Batuampar. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Petugas kebersihan memuat sampah ke dalam truk di Seraya, Batuampar. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Meski mengalami kendala pengangkutan sampah beberapa hari lalu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam telah kembali memaksimalkan pengangkutan sampah yakni dua kali seminggu.

Kepala DKP Kota Batam, Suleman Nababan melalui Kepala Bidang Kebersihan DKP, Yudi Admaji mengatakan saat ini proses pengangkutan sampah sebagian sudah dilimpahkan ke kecamatan. “Satu kecamatan dtitipkan 10-15 pick up dan motor sampah,” kata Yudi, Rabu (11/5).

Petugas di kecamatan bertugas untuk mengangkut sampah di rumah-rumah yang susah dijangkau bila menggunakan convector. “Nanti dari rumah-rumah di drop di TPS untuk selanjutnya akan diangkut oleh convector menuju ke tempat pembuangan akhir (TPA),” jelasnya.

Yudi berharap peran serta semua kecamatan untuk membantu menangani masalah sampah, jika di perumahan sampah tidak diangkut mohon berkoordinasi dengan kecamatan masing-masing wilayah.

“Sekarang anggota sudah ditugaskan disana, mereka (kecamatan,red) juga memiliki tanggung jawab yang sama dengan kami setelah pelimpahan beberapa waktu lalu,” sebutnya.

Sementara untuk tiga kecamatan seperti Lubukbaja, Batuampar dan Bengkong disediakan satu mobil dari DKP yang bertugas untuk mengambil sampah yang berada di jalan-jalan. Selain dari itu menjadi tanggung jawab dari pihak ketiga.

Yudi mengungkapkan saat ini pihaknya masih bekerja dan berupaya untuk mengatasi masalah sampah di Batam. Selain masalah sampah di jalan, dia juga harus mengangkat sampah yang tergantung di pohon. Ia mengharapkan kedepannya kesadaran masyarakat akan sampah bisa meningkat, sehingga Batam bisa bebas sampah nantinya.

“Tetap kita harapkan kerjasama dari semua pihak, karena kita tidak bisa bekerja sendiri,” pungkasnya. (cr17)

Baca juga:

Usai Libur Panjang, Sampah Juga Belum Diangkut

Sampah Masih Berserakan di Ruas Jalan

Respon Anda?

komentar