Ingin Mudik Gratis? Daftar Mulai Hari Ini!

840
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Mendekati bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub)kembali menggelar mudik gratis untuk pengendara sepeda motor dengan menggunakan bus.

Bagi yang berminat, Anda bisa mendaftar secara online di situs mudikgratis.dephub.go.id, yang dibuka mulai 13 Mei sampai 12 Juni 2016.

Sedangkan pendaftaran offline mulai dibuka pada 16 Mei-12 Juni 2016. Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hemi Pamuraharjo mengatakan, ada yang berbeda pada pendaftaran offline tahun ini.

“Bila pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat langsung melakukan pendaftaran di Kantor Kementerian Perhubungan, kali ini, Kementerian Perhubungan mendatangi masyarakat dengan membuka booth pendaftaran di beberapa titik keramaian di Kota Jakarta dan sekitarnya,” ujar Hemi di Jakarta, Kamis (12/5).

Hemi menjelaskan, pada masa Angkutan Lebaran 2016, Kemenhub menyediakan kuota sebanyak 12 ribu sepeda motor dan 24 ribu penumpang dengan total anggaran Rp 20 miliar.

Kuota itu dibagi untuk arus mudik sebanyak 8.400 sepeda motor dengan 16.800 penumpang. Sedangkan untuk arus balik sebanyak 3.600 sepeda motor dengan 7.200 penumpang.

Adapun program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan bus tahun ini akan melayani sembilan kota tujuan arus mudik. Yakni Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang.

“Untuk arus baliknya, ada tiga kota tujuan yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang,” tutur Hemi.

Peserta mudik harus memenuhi beberapa syarat. Seperti sepeda motor harus dalam keadaan orisinil dan laik jalan, STNK dan pajak kendaraan dalam keadaan hidup dan membawa identitas diri berupa KTP, KK, STNK, dan SIM.

Untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran online, jangka waktu verifikasi dokumen maksimum tiga hari. Bila pendaftar tidak melakukan verifikasi maka slot kuota akan dilepas dari booking online dan diharuskan mendaftar ulang. (jpnn)

Respon Anda?

komentar