Menunggak 1,3 Miliar ke Telkom, Jaringan Internet di Daik Diputus

1283
Pesona Indonesia
Media Center lumpuh karena tak ada jaringan internet. foto:hasbi/batampos
Media Center lumpuh karena tak ada jaringan internet. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Akibat menunggak kewajiban pembayaran jaringan internet kepada pihak Telkom sebesar Rp 1,3 miliar, jaringan internet di ibukota Kabupaten Lingga diputus. Seluruh titik jaringan internet di kantor pemerintahan, LPSE dan Media Center (MC) tidak dapat di akses.

Informasi yang dihimpun Batam Pos, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Kominfo, dinas perhubungan, komunikasi dan informatika (Dishubkominfo) belum membayarkan hutang kepada pihak Telkom pada tahun 2015. Tunggakan tersebut berlangsung selama 9 bulan hingga membuat pihak Telkom memberi sanksi memutuskan jaringan.

Said Asmarfizan, Kepala Bidang Kominfo, membenarkan hal ini. Ia mengatakan, terhitung sejak Senin (9/5) lalu, kantor LPSE, MC dan Kominfo Lingga sudah tidak bisa menggunakan jaringan internet.

“Kemarin kita sudah dikasih tenggang waktu sama Telkom untuk Kominfo, MC dan LPSE. Kita minta perpanjangan waktu. Karena masih nunggak, pihak Telkom terpaksa memutuskan jaringan,” ungkap Asmarfizan, di ruang kantornya, Kamis (12/5) siang.

Jumlah tunggakan Pemkab Lingga kepada Telkom, disampaikan Asmarfizan senilai Rp 1,3 miliar. Hutang tersebut berlangsung selama 9 bulan sejak tahun 2015 lalu dan belum dibayarakan pemerintah daerah. “Lingga nunggak 9 bulan hutang tahun 2015,” sambungnya.

Disampaikan Asmarfizan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah berkonsultasi mengenai tunggakan ini kepada pihak Telkom. Untuk dapat memberi tenggang waktu. Dikatakannya, pemerintah belum dapat membayarkan hutang karena harus menunggu audit BPK terlebih dahulu.

“Kita tunggu audit BPK dulu untuk pembayaran hutang ini. Semoga dalam waktu dekat cepat selesai. Kita usahan di APBD P ini, hutang dibayar dan jaringan internet di 19 titik perkantoran bisa kembali normal,” jelasnya.

Sementara itu, pantauan dilapangan akibat terputusnya jaringan internet ini, pelayanan MC di Jalan Engku Aman Kelang, Sawah Indah, satu-satunya pelayanan internet publik yang digunakan oleh masyarakat luas lumpuh. Baik warga maupun anak-anak sekolah yang ingin mengakses jaringan tidak dapat menggunakan fasilitas publik tersebut. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar