Said Ditangkap, Zukrin Jadi Plt Dinas Kesehatan Anambas

718
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas Said Mohd Damrie, saat ditangkap polisi Sabtu (30/4) pagi. foto: syahid/batampos
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas Said Mohd Damrie, saat ditangkap polisi Sabtu (30/4) pagi. foto: syahid/batampos

batampos.co.id – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kepulauan Anambas Zukhrin, ditunjuk sebagai Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas menggantikan posisi Said M. Damrie yang telah ditangkap oleh Satreskrim Polres Natuna pada Sabtu (30/4).

Ia ditunjuk untuk menggantikan Said oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) karena dianggap yang paling cocok. Karena dirinya merupakan pejabat yang cukup senior sehingga dianggap memiliki pengalaman yang cukup untuk menggantikan Said.

Kepala Baperjakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang juga menjabat sebagai Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Augus Raja Unggul mengatakan, selain senioritas, BLH merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang beban kerjanya tidak banyak dibandingkan yang lain sehingga jika diperbantukan untuk menangani SKPD lain masih memungkinkan.

“Sebenarnya ada beberapa kandidat seperti Kepala Dinas Pendidikan Heriyanto, dan Kepala Dinas Kependudukan, tapi SKPD itu memiliki beban kerja yang berat, jika ditambah lagi beban dengan menangani Dinas Kesehatan takutnya akan kewalahan dan dikhawatirkan akan tidak berjalan dua-duanya,” ungkap Augus kepada wartawan.

Diakuinya setelah ditangkapnya Said, maka berdampak kepada pekerjaan di Dinas Kesehatan. Pasalnya kedudukan kepala dinas sangat diperlukan, apa saja yang berkaitan dengan kegiatan semuanya memerlukan persetujuan kepala dinas seperti pengajuan gaji kontrak kerja dengan pihak ketiga dan lain-lain.

“Kemarin sempat ada pegawai yang menyusul ke Mapolres Natuna untuk meminta tandatangan pak Said, guna pencairan gaji, kesra pegawai dan lain-lain,” ungkap Augus.

Sebelumnya Augus juga mengatakan bahwasanya, pihaknya sudah mengadakan pertemuan untuk membicarakan masalah pengganti Said. Namun ia sempat mengalami kesulitan lantaran saat ini jumlah pegawai di Anambas khususnya esselon II masih mengalami keterbatasan.

“Dari kemarin kita sudah melakukan meeting, tapi kita tahu sekarang ini jumlah pegawai kita ini terbatas, itu yang menjadi salah satu kendala bagi kita untuk mencari penggantinya,” ungkap Augus yang saat ini merangkap sebagai Plt Sekda Anambas itu.

Diakuinya meski kesulitan mencari calon Plt, pihaknya sudah mengantongi tiga hingga empat nama sebagai calon Plt Dinas Kesehatan. Namun ia tidak bersedia menyebutkan siapa saja mereka. Yang jelas, katanya, penggantinya harus orang yang sudah memiliki pengalaman dibidang kesehatan.

Dirinya tetap mengaku hati-hati dalam memilih Plt Dinas Kesehatan karena Dinas tersebut merupakan dinas yang memangku tanggungjawab besar dengan anggaran yang besar sehingga Plt harus memiliki kemampuan yang memadai.

“Sebenarnya sudah bisa ketebak, karena pegawai kita juga tidak banyak, tapi yang jelas mereka yang sudah memiliki pengalaman, karena dinas kesehatan ini merupakan SKPD besar,” ungkap Augus.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar