Butuh Rp 600 Miliar Selesaikan Jalan Teluk Buton Kelarik

653
Pesona Indonesia
Kondisi jalan  menuju Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara. foto:net
Kondisi jalan menuju Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara. foto:net

batampos.co.id – Kepala Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Natuna Eka Kurniansyah mengatakan, pembangunan jalan di Desa Teluk Buton menuju Kelarik belum tuntas.

Jalan penghubung tersebut, kata Eka, baru sebatas dibuka dan pengerasan jalan tahun 2015. Namun sudah bisa dilintasi kendaraan masyarakat di Kecamatan Bunguran Utara.

“Buka jalan Teluk Buyon menuju Kelarik saja sudah habiskan anggaran sekitar Rp 38 miliar, sebesar Rp 24 miliar pengerjaannya dimulai dari Teluk Buton dan Rp 14 miliar pengerjaannya dimulai dari Kelarik. Itu panjang totalnya sekitar 36 kilometer,” kata Eka kemarin.

Dikatakan Eka, pengerjaan buka jalan tahun 2015 lalu merupakan anggaran bersumber dari dana alokasi khusus tambahan sebesa Rp 50 miliar. Pengerjaan termasuk jalan menuju Desa Pian Tengah, Lanud Ranai dan Pulau Tiga.

Khusus jalan Teluk Buton menuju Kelarik, kata Eka, masih akan menyerap anggaran ratusan miliar. Namun pengerjaannya akan bersumber dari DAK. Setiap tahun akan diusulkan ke pusat.

“Diperkirakan masih butuh Rp 600 miliar, untuk selesaikan jalan Teluk Buton ke Kelarik. Tapi itu akan digunakan dari dana DAK,” ujar Eka.

Tentu sambung Eka, realisasinya anggaran cukup besar akan bertahap. Tahun ini pusat sudah kucurkan anggaran sebesar Rp 90 miliar untuk lanjutan jalan tersebut. Ada beberapa perhitungan.

Dikatakan Eka, penyebab pembangunan jalan menyerap anggaran besar disebabkan terdapat belasan jembatan harus dibangun. Tidak hanya itu, perhitungan anggaran hotmix pada APBN, untuk satu kilometer habiskan dana Rp 10 miliar. Sementara pengerjaan APBD hanya sekitar Rp 2 miliar, tentu kualitasnya berbeda.

“Jalan Teluk Buton Kelarik ini statusnya jalan kabupaten. Berbeda jalan Batubi Kelarik, statusnya jalan Provinsi. Sehingga pengerjaanya tanggung jawab Pemprov Kepri,” ujar Eka.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar