Hari Ini, Pebalab dari 23 Negara Ramaikan Tour de Barelang

710
Pesona Indonesia
Peserta Tour de Barelang saat  memacu laju sepedanya melintasi jembatan Barelang Batam. Foto: Rezza Herdiyanto untuk Batam Pos
Peserta Tour de Barelang saat memacu laju sepedanya melintasi jembatan Barelang Batam. Foto: Rezza Herdiyanto untuk Batam Pos

batampos.co.id – Event balapan sepeda bergengsi, Tour de Barelang yang digelar hari ini, Sabtu (14/5), diikuti 214 peserta dari 23 negara, termasuk Indonesia.

Ajang yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Batam ini dilaksanakan selama dua hari dengan jenis kegiatan race dan granfondo. Untuk kategori race atau balapan yang digelar pada hari ini. Titik awal dimulai dari Pelabuhan Internasional Sekupang pada pukul 07.45 WIB dengan interval pelepasan selama 15 menit.

”Rutenya menuju Jembatan I sampai 4 Barelang, kemudian masuk ke Sembulang, Jembatan 5, Jembatan 6, kemudian berbalik lagi menuju titik akhir di Jembatan I Barelang,” jelas Kepala Dispar Kota Batam, Yusfa Hendri.

Total jarak tempuh mencapai 130 kilometer (km). Sistem penghitungan waktu menggunakan raceresult.com dan hasil pemenang bisa dilihat secara online.

Untuk negara yang paling banyak mengirimkan peserta antara lain Australia dengan 36 peserta, Inggris 46 peserta, Singapura 53 peserta, dan Indonesia dengan 20 peserta.

Sedangkan kegiatan Granfondo khusus untuk sepeda santai dan dibagi atas dua kategori, yakni kategori 4 dan granfondo 1. Sifatnya hanya untuk menikmati keindahan alam Batam dan akan digelar besok, Minggu (15/5).

”Jumlah peserta mencapai 109 orang dari 18 negara. Singapura dan Inggris mengirim peserta paling banyak, yakni masing-masing 42 dan 17 orang,” jelas Yusfa.

Granfondo dimulai dari Alun-Alun Engku Putri, Batamcentre pada pukul 07.45 WIB dengan interval pelepasan 10 menit. Rutenya lurus menuju Kepri Mall kemudian berlanjut sampai Jembatan 6. ”Setelah itu berbalik dan finish di Jembatan I. Total jarak tempuh mencapai 90 km,” sebut Yusfa. (leo)

Respon Anda?

komentar